PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENGISIAN IC REGULATOR

Authors

  • Famuji Ali Syafaad Author
  • Abdurrahman Author

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan E-Modul pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan E-Modul pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE dan uji coba produk menggunakan quasi experimental design dengan pendekatan model eksperimen Nonequivalent Control Group Design. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen angket penilaian ahli dan instrumen tes berjenis soal pilihan ganda. Hasil penilaian ahli media memperoleh skor 142 dengan persentase 88,75 % dan penilaian ahli materi dengan skor 196 dengan persentase 94,23 %. Penilaian dari ahli media dan ahli materi memperoleh kriteria sangat layak. Hasil penelitian pada siswa terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 79,17 dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 69,89. Uji-t menunjukkan nilai thitung sebesar 2,81 > ttabel sebesar 2,00, artinya ada perbedaan yang signifikan dalam peningkatan hasil belajar siswa.

Article ID

15563

Published

2024-10-30