PENGARUH RE-MAPPING ECU PADA TIMING PENGAPIAN TERHADAP PERFORMA MESIN K03
Abstract
Penggunaan energi disektor transportasi meningkatkan konsumsi bahan bakar. Untuk mengurangi konsumsi BBM, industri otomotif banyak melakukan inovasi seperti kendaraan hybrid, kendaraan listrik, sistem injeksi, sistem pengapian yang lebih modern, dan banyak teknologi lainnya. Re-mapping ECU pada timing pengapian yang sesuai akan menghemat bahan bakar dan juga meningkatkan performa. Tujuan dari penelitian ini mengetahui pengaruh re-mapping ECU pada timing pengapian terhadap torsi, daya, dan konsumsi bahan bakar pada mesin K03. Uji torsi, daya, dan konsumsi bahan bakar dilakukan untuk mengetahui timing yang dapat menghasilkan performa yang optimal. Re-mapping dengan mapping pengapian -1 dan +1 lalu dilakukan pengujian performa. Hasil menunjukkan bahwa re-mapping ECU dengan mapping timing pengapian +1 lebih efektif dengan torsi, daya lebih tinggi daripada mapping standar dan memiliki konsumsi bahan bakar yang lebih irit sehingga performa mesin bisa optimal untuk kontes mobil hemat energi.