PENGARUH NILAI RESISTANSI SENSOR ENGINE COOLANT TEMPERATURE DAN GANGGUAN PADA INJEKTOR TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR DAN EMISI GAS BUANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan nilai konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang yang dihasilkan oleh mesin 4 langkah Honda Brio Tahun 2016 kapasitas mesin 1200 cc dengan memberikan treatment terhadap sensor ECT dan injektor. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen untuk mengumpulkan data. Hasil pengujian konsumsi bahan bakar terendah pada nilai resistansi 100 Ω, sedangkan untuk pengujian konsumsi tertinggi pada resistansi 5000 Ω. Hasil pengujian emisi gas buang yang terendah pada nilai resistansi 100 Ω mempunyai kadar nilai emisi CO 0,01 %, HC 56,6 ppm, CO2 14,8 %, pada injektor trouble nilai CO 0,116%, HC 89,3 ppm dan CO2 10,76 %. Sedangkan pada 5000 Ω mempunyai kadar nilai emisi tertinggi CO 0,44%, HC 208,6 ppm, CO2 13,4%, pada kondisi injektor trouble mempunyai kadar emisi CO 0,76%, HC 248 ppm dan CO2 9,3 %.