Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Bantuan Media Pembelajaran TMII dan Gambar Keragaman Etnik untuk Meningkatkan Kualitas dan Hasil Belajar IPS bagi Siswa SMP Negeri 1 Temanggung

Indah Wiharti

Abstract


Latar belakang karya tulis ini adalah permasalahan dalam pembelajaran IPS, selama ini proses pembelajaran IPS tidak menarik, kurang menyenangkan, dan cenderung membosankan. Hal ini menyebabkan kualitas dan hasil belajar siswa jauh dari harapan, karena itu perlu dilakukan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, sumber data berupa data hasil observasi dan data hasil belajar. Pengumpulan data menggunakan dua teknik yaitu teknik tes dan teknik non tes. Analisis data dengan deskriptif komparatif dan secara kualitatif maupun kuantitatif. Hasil belajar yang dicapai siswa pada kondisi awal sebelum tindakan dilakukan diperoleh rata-rata ulangan harian adalah 64,5, siklus 1 meningkat menjadi 75,6, dan di akhir siklus 2 rata-rata ulangan harian 77,3. Sedangkan ketuntasan belajar klasikal meningkat dari 31,25% menjadi 75% pada siklus 1, dan meningkat menjadi 87,5% di akhir siklus 2. Berdasarkan data tersebut disimpulkan kualitas dan hasil belajar IPS meningkat setelah guru menerapkan model pembelajaran discovery learningdengan bantuan media pembelajaran TMII dan gambar keragaman etnik.

Keywords


Discovery Learning; Media TMII; Kualitas dan Hasil Belajar; IPS

Full Text:

PDF

References


Daryanto. (2013). Media Pembelajaran. Cetakan kedua. Yogyakarta: Gava Media.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suranto. (2018). Teknik, Taktik, Metode, Strategi, Pendekatan, dan Model-model Pembelajaran Terkini. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Patria Indonesia.

Thobroni, M. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.




DOI: https://doi.org/10.15294/fis.v47i1.24334

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Forum Ilmu Sosial

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View FIS Stats