DUKUNGAN SOSIAL PADA ISTRI YANG STUDI LANJUT

Amy Novalia Esmiati(1), Icha Kusumadewi(2),


(1) Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Abstract

Abstrak. Wanita berperan serta dalam setiap segi kehidupan masyarakat bahkan juga pemimpin perusahaan dan pemimpin negara sehingga pendidikan merupakan kebutuhan untuk menunjang peran tersebut. Sensus Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2012 menunjukkan jumlah wanita yang masuk ke perguruan tinggi dari tahun ke tahun semakin meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dukungan sosial pada istri yang studi lanjut. Pendekatan yang dilakukan yaitu kualitatif fenomenologi. Responden dalam studi ini sebanyak dua responden yaitu mahasiswa wanita S2, orang, bekerja, sudah berkeluarga. Peneliti juga menggunakan beberapa sumber data pendukung yang berasal dari suami, teman kuliah, dan rekan kerja subjek. Terdapat 6 informan pendukung pada penelitian ini. Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Bentuk wawancara yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara bebas terpimpin dan menggunakan observasi partisipan. Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menemukan bahwa dua orang subjek dalam menjalani perannya sebagai seorang istri, karyawan, dan mahasiswa mampu menjalankan ketiga perannya tersebut dengan bantuan dari orang lain. Namun disamping bantuan orang lain, penelitian ini memberikan temuan baru bahwa keberhasilan subjek dipengaruhi adanya dukungan spiritual yang membuat subjek mampu bertahan membuat subjek mampu untuk melakukan tugasnya.

Kata kunci: dukungan sosial, istri studi lanjut, peran banyak

 

Abstract. Women participate in every aspect of community life, even corporate leaders and leaders of the country, so education is necessity to support that role. The central Bureau of Statistics ( (BPS) census in 2012 shows that the number of women entering college are increase from years to years. This study aimed to analyze social support on the wife who studies the master. The approach employed in this study was qualitative phenomenological. Samples in this study as many as two respondents, female students master, career woman, and married. In addition, there were secondary informants that comes from the husband, classmates, and coworkers subject. There are 6 secondary informants this research. Data were collected used interviews and observation. Forms interviews used in this study are free guided interviews and using participant observation. The validity of the data in this study using triangulation of sources and methods. The study found that two subjects in the lead role as a wife, staff, and students were able to run third that role with the help of others. But despite the help of others, this study provides new findings that the success of subjects affected their spiritual support that makes the subject able to survive to make the subject is able to do their job.

Keywords: social support, wife of master study

 

Keywords

social support, wife of master study

Full Text:

PDF

References

Azizah, L. M. (2011). Keperawatan Lanjut Usia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Aini, N., Yusnitasari, E., & Armini, A. (2014). Hubungan Dukungan Suami dengan Produksi ASI Pada Ibu Post Partum di Wilayah Kerja Puskesmas Senor Kabupaten Tuban. Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga, Surabaya.

Badan Pusat Statistik. (2012). Angka Partisipasi Murni (APM) menurut Tipe Daerah, Jenis Kelamin dan Jenjang Pendidikan. Diunduh dari: http://www.bps.go.id/ tanggal 14 November 2016.

Bungin, Burhan. 2003. Analisis Data Penelitian Kualitatif: Pemahaman Filosofis dan Metodologis ke Arah Penguasaan Model Aplikasi. Jakarta: Raja grafindo Persada.

Elbaz, F. (1981). The teacher’s ‘practical knowledge’: A report of a case study. CurriculumInquiry, 11, 43-71. http://dx.doi.org/10.2307/1179510. Diunduh pada tanggal 28 September.

Hoy, Anita Woolfolk dan Milner, Richard, H. (2003). A case study of an African American Teacher’s self-efficacy, stereotype threat, and persistence. Journal 19 Psychology, DOI: 10.1016/S0742-051X(02)00099-9. Diunduh pada tanggal 28 September.

Kumalasari, Fani, & Ahyani, Latifah, Nur. (2012). Hubungan Dukungan Sosial Dengan Penyesuaian Diri Remaja di Panti Asuhan. Jurnal Vol. 1 No. 1. Universitas: Maria Kudus.

Maslihah, Sri. 2013. Play Teraphy Dalam Identifikasi Kasus Kekerasan Seksual Pada Anak. Bandung : UPI

Moleong, J. Lexy. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: RosdaKarya.

Moustakas, C. (1994). Phenomenological Research Methods. London: Sage Publication, Inc.

Poerwandari, E.K. (2007). Pendekatan kualitatif untuk penelitian perilaku manusia. Jakarta: LPSP3.

Rahayu, Iin Tri dan Ardani, Tristiadi Ardi. 2004. Observasi dan Wawancara. Malang: Bayumedia.

Sarafino, Edward.P., & Smith, Timothy. (2011). Health Psychology Biopsychosocial Interactions: Stress, Biopsychosocial Factors, and Ilness. 7th Edition. Canada: John Wiley & Sons, Inc.

Sarason, I dan Sarason, B.R. 2007. Social Support Theory Research and Aplication. Boston : Matinus Hijhott.

Smet, Bart. (1994). Psikologi Kesehatan. Jakarta: Grasindo.

Smith, A. Jonathan. (2008). Psikologi Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Usfuriyah. (2014). Hubungan Dukungan Sosial dan Optimisme Mahasiswa Psikologi UIN Maulana Ibrahim Malang dalam Menyelesaikan Skripsi. Tesis. Diunduh dari:http://etheses.uin-malang.ac.id/1226/12/11410073_Ringkasan.pdf tanggal 14 November 2016.

Usher, Ellen L, dan Morris, David B. (2011). Developing teaching self-efficacy in research institutions: A study of award-winning professors. Contemporary Educational Psychology Vol 36. Diunduh pada tanggal 28 September.

Wahyuningrum, S M, Widianto S, dan Abdulah R. (2012). Dampak Self Efficacy Terhadap Perilaku Inovasi Apoteker di Rumah Sakit. Jurnal Farmasi Klinik Indonesia. Vol. 1, No. 2. Diunduh tanggal 27 Februari 2016.

Wood, R. E., & Bandura, A. (1989). Social cognitive theory of organizational management. Academy of Management Review, 14, 361-384.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.