PENGARUH MEDIA PERMAINAN TRUTH AND DARE TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA DENGAN VISI SETS

Sigit Priatmoko(1), Achmad Binadja(2), Seli Triana Putri(3),


(1) Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Semarang Kampus Sekaran Gunungpati Semarang 50229
(2) Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Semarang Kampus Sekaran Gunungpati Semarang 50229
(3) Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Semarang Kampus Sekaran Gunungpati Semarang 50229

Abstract

Telah dilaksanakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh mediapermainan Truth and Dare dalam pembelajaran bervisi SETS terhadap hasil belajar siswa.Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui perbedaan rata-rata hasil belajar kimia siswayang diberi media permainan Truth and Dare dengan siswa yang tidak diberi media permainanTruth and Dare dalam pembelajaran bervisi SETS. Metode dokumentasi, observasi, dantes digunakan untuk mengumpulkan data. Uji kesamaan dua varians menunjukkan bahwavarians data hasil belajar kedua kelompok eksperimen tidak berbeda. Pada uji perbedaanrata-rata hasil belajar diperoleh kesimpulan bahwa rata-rata hasil belajar kelompokeksperimen I lebih baik dari kelompok eksperimen II. Pada uji ketuntasan belajar klasikal,persentase siswa kelompok eksperimen I yang telah mencapai ketuntasan belajar lebihbesar dibandingkan dengan kelompok eksperimen II. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwamedia permainan Truth and Dare dalam pembelajaran bervisi SETS berkontribusi sebesar30% terhadap hasil belajar siswa. Hasil belajar kimia siswa yang diberi media permainanTruth and Dare lebih baik daripada hasil belajar siswa yang tidak diberi media permainanTruth and Dare. Dengan demikian, media permainan Truth and Dare maupun pembelajaranbervisi SETS dapat menjadi alternatif dalam pencapaian hasil belajar kimia yang lebih baik.

Kata Kunci: media Truth and Dare, hasil belajar, pembelajaran bervisi SETS

Full Text:

PDF PostScript

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.