PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAME TOURNAMENT MELALUI PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR DAN PENILAIAN PORTOFOLIO

Warlan Sugiyo(1), Latifah -(2), Zaenal Abidin(3),


(1) Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Semarang Kampus Sekaran Gunungpati Semarang 50229
(2) Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Semarang Kampus Sekaran Gunungpati Semarang 50229
(3) Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Semarang Kampus Sekaran Gunungpati Semarang 50229

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah hasil belajar kimia siswa Madrasah Aliyah Al-Asror Semarang yang kurang maksimal dikarenakan metode pembelajaran kurang variatif.Model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) dengan Pendekatan Jelajah AlamSekitar disertai penilaian portofolio dilakukan menggunakan metode variatif diantaranyaturnamen, demonstrasi siswa, dan diskusi kelompok. Konsep pembelajaran dikaitkan denganlingkungan alam sekitar sehingga dapat mempermudah siswa dalam mempelajarinya.Prosedur penelitian dirancang tiga siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahapan yaituperencanaan, tindakan, pengamatan dan refl eksi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatifdengan membagi skor yang diperoleh dengan skor total, dan dikalikan 100%. Berdasarkananalisis data yang diperoleh, terjadi peningkatan nilai kognitif pada siklus I dari pretes44,74 dan postes 64,74 sebesar 20,00. Untuk siklus II dari pretes 51,84 dan postes 71,84sebesar 20,00. Sedangkan siklus III, dari pretes 58,73 dan postes 74,40 sebesar 17,70dengan standar ketuntasan belajar sebesar 97,37%. Team Game Tournament (TGT) denganPendekatan Jelajah Alam Sekitar Disertai Penilaian Portofolio dapat meningkatkan hasilbelajar kimia siswa.

Kata Kunci: team game tournament, jelajah alam, portofolio

Full Text:

PDF PostScript

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.