PENGARUH PENGETAHUAN ALAM TERHADAP PEMAHAMAN MATAPELAJARAN KIMIA

Siti Istijabatun(1),


(1) 

Abstract

Belajar kimia tidak lepas dari fakta, konsep, dan prinsip, ketiganya terkait dalam
suatu sistem. Penelitian ini mengungkap pengaruh pengetahuan alam terhadap pemahaman
mata pelajaran kimia. Untuk mengetahui tingkat pengetahuan alam yang dimiliki siswa
digunakan alat ukur berupa tes pengetahuan mengenai peristiwa alam yang berkaitan
dengan ilmu kimia. Sedangkan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap
mata pelajaran kimia digunakan alat ukur berupa tes pemahaman yang berisi pertanyaan–
pertanyaan pada bab stuktur atom, larutan elektrolit dan non elektrolit serta reaksi reduksi
dan oksidasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi dan regresi sederhana.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa ada pengaruh positif dari pengetahuan alam
terhadap pemahaman mata pelajaran kimia. Persamaan garis regresi yang diperoleh adalah
Y = 0,904 X – 0,755. Besarnya pengaruh pengetahuan alam terhadap pemahaman mata
pelajaran kimia dihitung dengan koefi sien determinasi yaitu sebesar 62,29%. Berdasarkan
hasil penelitian ini dapat disarankan bahwa: 1) dalam pengajaran kimia sebaiknya digali
dulu pengetahuan siswa mengenai peristiwa kimia di alam. 2) perlu ditekankan kaitan
antara materi kimia dengan peristiwa-peristiwa yang terjadi di alam. 3) perlu mendorong
atau memotivasi siswa agar jeli dan memperhatikan peristiwa kimia yang terjadi di alam.

 

Kata Kunci: pengetahuan alam, pemahaman, matapelajaran kimia

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.