PENGARUH PENGGUNAAN CD PEMBELAJARAN INTERAKTIF PROGRAM MACROMEDIA FLASH MX 2004 SEBAGAI MEDIA CHEMOEDUTAINMENT TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA

Sri Mantini Rahayu S(1), Sri Mursiti(2), Yuka Ediristianto(3),


(1) 
(2) 
(3) 

Abstract

CD interaktif yang dibuat melalui program Macromedia Flash MX 2004 berorientasi
Chemo-Edutainment (CET) membantu siswa termotivasi untuk belajar. Tujuan penelitian
ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya serta besarnya pengaruh penggunaan CD
pembelajaran interaktif program Macromedia Flash MX  2004 sebagai media CET terhadap
hasil  belajar kimia. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X semester 1 SMA Negeri
I Purbalingga tahun pelajaran 2008/2009 yang bersifat homogen. Dengan menggunakan
teknik cluster random sampling diperoleh dua kelas sampel yaitu kelas X-6 sebagai kelompok
eksperimen yang mendapat pembelajaran menggunakan CD pembelajaran interaktif, dan
kelas X-4 sebagai kelompok kontrol yang mendapat pembelajaran konvensional. Metode
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi, observasi, tes, dan
angket. Berdasarkan hasil  analisis  uji  t  data  hasil belajar  diperoleh harga thitung  sebesar
2,805 dan harga ttabel sebesar 1,99 yang berarti hasil belajar kelompok eksperimen lebih baik
daripada kelompok kontrol. Dapat disimpulkan bahwa hasil  belajar kognitif kelas eksperimen
lebih  baik  daripada  kelas  kontrol. Besarnya  pengaruh  penggunaan CD  pembelajaran
interaktif program Macromedia Flash MX 2004 sebagai media CET terhadap hasil belajar
kimia sebesar 19,57% dengan kriteria sedang. Berdasarkan angket refl eksi, pembelajaran
dengan menggunakan CD pembelajaran interaktif program Macromedia Flash MX 2004
lebih menyenangkan, menghindarkan dari kebosanan, menghibur dan menarik.

 

Kata kunci : macromedia fl ash mx 2004, chemo-edutainment

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.