EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE KASUS MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO-VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA

Woro Sumarni(1), Soeprodjo -(2), Krida Puji Rahayu(3),


(1) 
(2) 
(3) 

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan dari penerapan metode
kasus menggunakan media audio-visual terhadap hasil belajar kimia ditinjau berdasarkan
aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas
XI IPA. Pengambilan sampel dilakukan secara acak menggunakan teknik cluster random
sampling yaitu kelas XI IPA-4 sebagai kelas eksperimen yang mendapat perlakuan
dengan menerapkan metode kasus menggunakan media audio-visual setelah dilakukan
uji homogenitas. Berdasarkan hasil uji estimasi rata-rata diperoleh rata-rata hasil belajar
kelompok eksperimen antara 74,24-78,54 dan kelompok kontrol antara 66,08-70,94 dan
berdasarkan hasil uji estimasi proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar pada
kelompok eksperimen berkisar antara 93,7%-100%, sedangkan pada kontrol berkisar
antara 63%-89%. Berdasarkan hasil uji ketuntasan belajar diperoleh persentase ketuntasan
belajar klasikal untuk kelompok eksperimen sebesar 98% dan kelompok kontrol sebesar
76%. Adapun hasil observasi terhadap ranah afektif dan ranah psikomotorik diperoleh nilai
rata-rata siswa pada kelompok eksperimen e†65, sedangkan berdasarkan hasil angket
tanggapan siswa terhadap pembelajaran, siswa yang menjawab termotivasi untuk belajar
sebesar 78,05% dan 17,07% tidak termotivasi. Siswa juga merasa senang untuk belajar
sebesar 75,6% dan yang tidak merasa senang sebesar 10,76%.

 

Kata Kunci: metode kasus, media audio-visual

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.