PENGARUH PENGGUNAA N ULAR TANGGA REDOKS SEBAGAI MEDIA CHEMO-EDUTAINMENT BERVISI SETS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA

Sri Mursiti(1), Achmad Binadja(2), Dianto -(3),


(1) 
(2) 
(3) 

Abstract

Hasil belajar siswa kurang meningkat jika dalam pengajaran tidak digunakan media
pengajaran. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh
penggunaan ular tangga redoks bervisi SETS sebagai media chemo-edutainment pokok
bahasan reaksi redoks terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
adanya pengaruh penggunaan ular tangga redoks bervisi SETS sebagai media chemoedutainment
pokok bahasan reaksi redoks terhadap hasil belajar siswa. Populasi pada
penelitian ini adalah semua siswa kelas X4-X9 semester II SMA Negeri 1 Ungaran tahun
pelajaran 2007/2008 sebanyak 240 siswa yang terbagi dalam 6 kelas. Sampel dalam
penelitian ini adalah siswa kelas X5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X8 sebagai kelas
kontrol. Teknik pemilihannya dengan cluster random sampling. Metode yang digunakan dalam
pengambilan data adalah dokumentasi dan tes. Hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil
belajar kelas eksperimen 69, sedangkan kelas kontrol 59. Hasil analisis data menunjukkan
adanya pengaruh penggunaan ular tangga redoks terhadap hasil belajar kimia redoks
siswa yang ditunjukkan dengan angka korelasi 0,56, dengan pengaruh 31%. Berdasarkan
hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan ular tangga redoks sebagai media
chemo-edutainment bervisi SETS berpengaruh terhadap hasil belajar kimia redoks siswa.
Saran yang dapat penulis berikan adalah penyiapan instrumen SETS lebih lengkap, dan
pengembangan ular tangga redoks sebagai media chemo-edutainment.

 

Kata Kunci: ular tangga redoks, media chemo-edutainment, SETS

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.