PENGARUH PENGGUNAAN METODE PREVIEW, QUESTION, READ, SUMMARIZE, AND TEST MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA

Siti Sundari Miswadi(1), Nanik Wijayati(2), Laily Isni Farikhati(3),


(1) 
(2) 
(3) 

Abstract

Metode pembelajaran yang cenderung tidak bervariasi dan lebih mengandalkan pada
hafalan menyebabkan siswa tidak bersemangat yang ditandai dengan rendahnya aktivitas
dan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil
belajar kimia yang menggunakan metode pembelajaran preview, question, read, summarize,
and test (PQRST) melalui pendekatan contextual teaching learning (CTL). Teknik yang
digunakan untuk mengambil sampel yaitu cluster random sampling. Metode penelitian yang
digunakan yaitu metode observasi, metode angket, metode tes, metode dokumentasi. Data
hasil tes kognitif yang diperoleh akan dianalisis melalui 2 tahap yaitu uji tahap awal dan uji
tahap akhir. Dari analisis data pada uji tahap awal diperoleh bahwa uji kesamaan rata-rata
pada saat pre test antara kelas eksperimen dan kelas kontrol mempunyai kesamaan rata-rata
yang sama. Sedangkan dari analisis data pada uji tahap akhir menunjukkan ada perbedaan
hasil belajar yang signifi kan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil
analisis ini dapat disimpulkan bahwa dengan metode PQRST melalui pendekatan CTL
dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan struktur atom dan sistem
periodik unsur sehingga terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan metode
pembelajaran PQRST melalui pendekatan CTL dengan metode konvensional.

 

Kata kunci: metode preview, question, read, summarize, and test, contextual teaching
learning

Full Text:

PDF PostScript

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.