ANALISIS KEMAMPUAN PENYUSUNAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DAN PROJECT BASED LEARNING

Sri Haryani(1), Sri Wardani(2), Agung Tri Prasetyo(3),


(1) Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Semarang Gedung D6 Lantai 2 Kampus Sekaran Gunungpati Semarang, 50229, Telp. (024)8508035
(2) Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Semarang Gedung D6 Lantai 2 Kampus Sekaran Gunungpati Semarang, 50229, Telp. (024)8508035
(3) Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Semarang Gedung D6 Lantai 2 Kampus Sekaran Gunungpati Semarang, 50229, Telp. (024)8508035

Abstract

Pendampingan parsipatoris ditujukan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran melalui penyusunan RPP dan LKS-kontruktivis berbasis Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL). Penelitian deskriptif ini diikuti 12 guru kimia SMA/MA baik negeri maupun swasta sebagai responden yang mewakili 146 guru kimia MGMP kota Semarang. Metode yang digunakan meliputi ceramah, diskusi, dan pendampingan praktek penyusunan RPP dan LKS-kontruktivis. Hasil LKS diterapkan melalui lesson study yang diikuti 5-7 orang guru dari SMA yang berbeda. Secara umum para guru masih kesulitan menggabungkan konten materi secara mendalam dengan model PBL dan PjBL, sehingga membutuhkan pendampingan lebih seksama karena setiap meteri memiliki karakteristik yang berbeda. Kesulitan utama pada LKS berbasis PjBL terletak pada penulisan  pertanyaan mendasar, diikuti langkah memasukkan materi secara konstruktivis sebelum pelaksanaan proyek. Hasil yang hampir sama untuk PBL adalah penulisan fase 1 yaitu mengorientasi siswa pada masalah, dan fase 2 mengarahkan siswa untuk memecahkan masalah melalui pertanyaan pengarah. Untuk kedua model tersebut, para guru mengalami kesulitan dalam memfasilitasi agar siswa mengkonstruk pengetahuannya sendiri. Antusiasme dan rasa ingin tahu para guru terkait mengintegrasikan aspek konstruktivis ke dalam model PBL dan PjBL tampak pada tahap refleksi untuk setiap lesson study. Didasarkan hasil  LKS dan hasil lesson study, serta wawancara dengan beberapa guru teridentifikasi bahwa terjadi peningkatan pengetahuan dan kemauan para guru dalam menuliskan RPP dan LKS konstruktivis berbasis PBL dan PjBL.

Keywords

problem based learning, project based learning, konstruktivis, lembar kerja siswa

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.