PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING-PROMPTING BERBASIS ACTIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERCAPAIAN KOMPETENSI SISWA

Helivia Elvandari(1), Kasmadi Imam Supardi(2),


(1) Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Semarang Gedung D6 Lantai 2 Kampus Sekaran Gunungpati Semarang, 50229, Telp. (024)8508035
(2) Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Semarang Gedung D6 Lantai 2 Kampus Sekaran Gunungpati Semarang, 50229, Telp. (024)8508035

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran probing- prompting berbasis active learning dapat meningkatkan ketercapaian kompetensi siswa pada materi hidrokarbon kelas X di suatu MAN di Kota Magelang tahun ajaran 2013/2014. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest–posttest one group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi, tes, dan observasi. Uji yang digunakan untuk menganalisis data adalah uji ketuntasan data hasil belajar dan uji peningkatan hasil belajar. Uji ketuntasan data hasil belajar menunjukkan nilai t-hitung 3,994 sementara pada t-kritis 2,03 yang berarti hasil belajar kelompok eksperimen setelah perlakuan lebih besar dari 75 atau telah mencapai ketuntasan belajar. Uji peningkatan hasil belajar menunjukkan nilai t-hitung 36,6783 sementara t-kritis 2,03 yang berarti ada peningkatan hasil belajar pada kelompok eksperimen setelah diberi perlakuan. Berdasarkan hasil penelitan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran probing-prompting berbasis active learning dapat meningkatkan ketercapaian kompetensi siswa pada materi hidrokarbon.

The purpose of this research is to determine whether learning models prompting probing-based active learning can improve students' achievement of the competence of the hydrocarbon material in class X at MAN Magelang 1 academic year 2013/2014. The design used in this study is the one-group pretest-posttest design. Sampling was done by cluster random sampling technique. Collecting data in this research is using the method of documentation, testing, and observation. Tests were used to analyze the data is the data completeness test learning outcomes and test learning outcome. Test mastery learning outcomes data demonstrate the value of t-test 3.994 while the critical t of 2.03 which means that the results of the experimental study class after treatment greater than 75 or have attained mastery learning. Test results of study showed an increase in the value of t count 36.6783 while the t-critical of 2.03 which means that there is an increase in learning outcomes in the experimental class after being given treatment. Based on the results of research it can be concluded that probing-prompting learning model based active learning can improve students' achievement of the competence of the hydrocarbon material.

Keywords

active learning, achievement of competence, probing-prompting.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.