PENERAPAN JOYFUL LEARNING DENGAN GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR

Rina Lailatul Mukarromah(1), A. Tri Widodo(2), Sri Wahyuni(3),


(1) Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Semarang Gedung D6 Lantai 2 Kampus Sekaran Gunungpati Semarang, 50229, Telp. (024)8508035
(2) Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Semarang Gedung D6 Lantai 2 Kampus Sekaran Gunungpati Semarang, 50229, Telp. (024)8508035
(3) Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Semarang Gedung D6 Lantai 2 Kampus Sekaran Gunungpati Semarang, 50229, Telp. (024)8508035

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan metode group investigation dengan pendekatan joyful learning. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa XI IPA 3 pada suatu SMA N di Kendal tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 36 siswa. Masalah yang dialami siswa kelas XI IPA 3 salah satunya adalah pembelajaran kimia didominasi oleh guru atau teacher center learning. Aktivitas siswa masih mendengarkan guru, mencatat pelajaran, dan mengerjakan soal di depan kelas. Penerapan joyful learning dengan group investigation diharapkan meningkatkan kualitas pembelajaran siswa XI IPA 3 SMA. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kimia pada siswa kelas XI IPA 3. Penelitian ini terbagi menjadi 2 siklus. Masing-masing siklus meliputi 4 tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data diperoleh dengan metode dokumentasi, tes siklus, observasi, dan angket. Hasil penelitian pada siklus 1, hasil belajar (kognitif, psikomotorik, dan afektif) dan aktivitas belajar siswa belum menunjukkan indikator keberhasilan. Pada siklus 2 hasil belajar (kognitif, psikomotorik, dan afektif) dan aktivitas belajar siswa menunjukkan indikator keberhasilan. Hal ini berarti penerapan joyful learning dengan group investigation dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar kimia siswa kelas XI IPA 3 SMA.

This research is Classroom Action Research (CAR) which use group investigation method and joyful learning approach. Subject of this research is students of XI Science Class 3 at a high school in Kendal, school year 2012/2013 tottaly 36. One of problem in XI Science Class 3 is dominated by teacher center learning. Students activity was still listen teachers, note lesson, and do exercise in front of class. Applying joyful learning with group investigation hoped able to increase studied quality in XI Science 3. The purpose of this research is to increase learning activities and student’s learning achievement on chemistry of XI Science 3 high school, with totally 36 students. It’s consists of 2 cycles. Each cycle consists of 4 steps, that are planning, acting, observing, and reflection. The data is gotten by documentation, cycle examination, observation, and questionnaire methods. On first cycle, student’s learning achievement (cognitive, psychomotor, and affective) and learning activities do not show the indicator of success yet. On second cycle, student’s learning achievement (cognitive, psychomotor, and affective) and learning activities show the indicator of success. This result means that learning activities and student’s learning achievement of XI Science 3 students are increase by applying joyful learning with group investigation.

Keywords

activities, group investigation, joyful learning, student’s learning achievement

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.