PENGGUNAAN MEDIA SIRKUIT CERDIK BERBASIS CHEMO­ EDUTAINMENTDALAM PEMBELAJARAN LARUTAN ASAM BASA

Saptorini Saptorini(1), Sigit Priatmoko(2), Hidayah Hidzyam Diniy(3),


(1) Jurusan Kimia FM/PA Universitas Negeri Semarang Kampus Sekaran Gunungpati Semarang 50229
(2) Jurusan Kimia FM/PA Universitas Negeri Semarang Kampus Sekaran Gunungpati Semarang 50229
(3) Jurusan Kimia FM/PA Universitas Negeri Semarang Kampus Sekaran Gunungpati Semarang 50229

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan sirkuit cerdik terhadap hasil be/ajar siswa dalam pembelajaran kimia materi pokok larutan asam basa. Sirkuit cerdik adalah sebuah pengembangan media chemo-edutainment. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Kudus tahun ajaran 2009/2010 sebanyak 196 siswa yang terbagi dalam 5 kelas. Pengambi/an sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 39 orang dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 40 orang. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa rata-rata hasil be/ajar kognitif kelas ekperimen sebesar 70, 17; sedangkan kelas kontrol 61, 00. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan hasi/ be/ajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Melalui analisis metode korelasi diperoleh angka r=O, 638, sehingga signifikan dengan harga koefisien detenninasi sebesar 40, 68% yang berarti penggunaan sirkuit cerdik memiliki kontribusi sebesar 40, 68% terhadap hasil be/ajar siswa, sedangkan 59,32% dijelaskan oleh faktorlainnya. Selain itu, hasi/ analisis data observasi menunjukkan bahwa hasil be/ajar afektif dan psikomotorik kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata aspek psikomotorik dam afektif ke/as eksperimen masing-masing sebesar 82, 80 dan 84, 10, sedangkan kelas kontrol masing-masing sebesar 72,57 dan 77,69.

Keywords

Sirkuit Cerdik; Chemo-Edutainment

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.