EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBALIK BERBANTUAN MEDIA PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN

Eko Budi Susatyo(1), Soeprodjo Soeprodjo(2), Jumiati Jumiati(3),


(1) Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Semarang Kampus Sekaran Gunungpati Semarang 50229
(2) Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Semarang Kampus Sekaran Gunungpati Semarang 50229
(3) Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Semarang Kampus Sekaran Gunungpati Semarang 50229

Abstract

Pada proses pembelajaran sering dijumpai siswa kurang siap dalam menerima pelajaran, sehingga diperlukan suatu model yang membuat siswa lebih aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran berbalik berbantuan media peta konsep terhadap hasil be/ajar kimia materi kelarutan dan hasil kali kelarutan siswa kelas XI SMA N 9 Semarang tahun pelajaran 2009/2010. Ke/as Sampel adalah kelas XI A-2 sebagai kelas kontrol dan XI A-4 sebagai kelas eksperimen. Variabel bebas adalah model pembelajaran berbalik dengan media peta konsep. Variabel terikat berupa hasi/ be/ajar kimia yang dinyatakan dengan nilai tes. Pada perhitungan uji ketuntasan diperoleh thitung (9,624) >- ttabe,(-2,026) untuk kelas eksperimen dan thitu (2, 798) > -ttabe,(-2,024) untuk kelas kontrol sehingga dapat disimpulkan bahwa hasi/ be/ajar kedua kelas setelah perlakuan lebih besar sama dengan 65. Hasil perhitungan uji proporsi kelompok eksperimen menunjukkan Zmtung (2,688) > z,0•451 (1,64) dan kelas kontrol diperoleh Zhitu = -1, 832 < z,0•451 = 1, 64 sehingga dapat disimpulkan siswa kelas eksperimen mencapai ket:lntasan proporsi sedangkan kelas kontrol be/um. Uji perbedaan rata-rata dihasilkan thitung (5,264) >-ttabe,(-1,99). Kedua kelas mengalami peningkatan hasil belajardan uji normal Gain menunjukkan peningkatan kelas eksperimen sebesar 0, 53 dan kelas kontrol sebesar 0, 44 dengan kategori sedang.

Keywords

efektivitas; model pembelajaran berbalik; peta konsep.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.