PENGARUH VARIASI VOLUME SALURAN PENAMBAH (RISER) TERHADAP CACAT POROSITAS DAN STRUKTUR MIKRO KOMPONEN TUTUP MESIN MOTOR LISTRIK

Rizal Rahma Sandi(1), Heri Yudiono(2),


(1) Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang
(2) Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh volume saluran penambah terhadap cacat porositas pada coran aluminium dan struktur mikro hasil pengecoran aluminium. Metode yang digunakan adalah metode Pre-eksperimen jenis One-Shot Case Study, karena dalam penelitian ini akan dilakukan perlakuan yang selanjutnya akan diobservasi hasilnya. Perlakuan yang akan dilakukan yaitu dengan penambahan variasi tidak memakai saluran penambah, variasi saluran penambah silinder dengan diameter 15mm dan tinggi 60mm, variasi saluran penambah silinder dengan diameter 25mm dan tinggi 60mm, variasi saluran penambah silinder dengan diameter 35mm dan tinggi 60mm. Pengujian struktur mikro menggunakan alat uji Meji Techno IM 7200. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk memberikan deskripsi mengenai subjek penelitian berdasarkan data dari variabel yang diperoleh dari kelompok subyek yang diteliti. Hasil porositas yang terbaik ditunjukkan oleh spesimen hasil coran dengan variasi saluran penambah diameter 35mm sebesar 37,97%. Struktur mikro yang terbaik ditunjukkan oleh spesimen hasil coran dengan variasi saluran penambah diameter 35mm dibuktikan dengan pembentukan fasa struktur yang lebih rapat dan merata.

Keywords

saluran penambah, cacat porositas, struktur mikro, dan coran aluminium

Full Text:

PDF

References

Beeley, P. 2001. Foundry Technology Second Edition. London: Butterworth Heinemann.

Fasya, F., & Iskandar, N. (2015). Melt Loss dan Porositas pada Aluminium Hasil Daur Ulang. Jurnal Teknik Mesin, 3(1), 44-50.

Gaspari, J. 1999. Making The Most Od Aluminium Scrap. New York. Mechanical Engineering.

Jin, C. K., Seo, H. Y., & Kang, C. G. 2017. Heating system for riser size minimizing in sand casting process and its experimental verification. Metals, 7(4), 130.

Nindhia, T. G. T. (2010). Studi Struktur Mikro Silikon dalam Paduan Aluminium-Silikon pada Piston dari Berbagai Merek Sepeda Motor. Jurnal Energi Dan Manufaktur.

Rizuan, M., Shafiee, M., Yussni, M., Hashim, B., Nusyakirin, M., & Said, B. (2009). Effects of gating design on the mechanical strength of thin section castings, 1–4.

Tjitro, S. 2001. Pengaruh Bentuk Riser Terhadap Cacat Penyusutan Produk Cor Aluminium Cetakan Pasir. Jurnal Teknik Mesin, 3(2), 41-46.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Alamat Penerbit: Gedung Dekanat, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang, Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, 50229. Telp./Fax.: (024) 8508101. Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats