PENGARUH PENGGUNAAN DESAIN PEMBELAJARAN ELPSA DALAM MODEL PEMBELAJARAN VAK TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT

Ratna Kusumawardani(1), Ajeng Hayu Pratiwi(2), Muflihah Muflihah(3),


(1) Mulawarman University
(2) 
(3) 

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan desain pembelajaran ELPSA dalam model pembelajaran VAK terhadap hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan larutan elektrolit dan non elektrolit kelas X SMA Negeri 3 Samarinda. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling sehingga diperoleh sampel penelitian yaitu siswa kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2 dengan masing-masing kelas berjumlah 36 siswa. Kelas X MIPA 2 merupakan kelas yang menggunakan desain pembelajaran ELPSA dalam model pembelajaran VAK sedangkan kelas X MIPA 1 menggunakan model pembelajaran VAK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar siswa yang menggunakan desain pembelajaran ELPSA dalam model pembelajaran VAK lebih baik daripada rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran VAK. Rata-rata nilai hasil belajar siswa yang menggunakan desain pembelajaran ELPSA dalam model VAK adalah 81,06 dan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran VAK adalah 78,32. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan uji t, diperoleh t hitung = 2,68 dan t tabel = 1,99 pada taraf signifikan 5%. Karena t hitung > t tabel, maka H diterima sehingga terdapat pengaruh penggunaan desain pembelajaran ELPSA dalam model pembelajaran VAK terhadap hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan larutan elektrolit dan non elektrolit kelas X SMA Negeri 3 Samarinda.

Keywords

ELPSA; VAK; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References

Alditia, A. Y., Diah, G., dan Regina, L. P. 2016. Pengaruh Model Visual, Auditory, dan Kinestetic (VAK) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sifat-Sifat Cahaya. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1): 351-360.

Arifin. 2015. Lesson Plan Berbasis Kerangka Kerja ELPSA untuk Membangun Pemahaman Konsep Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat pada Siswa. Jurnal Kependidikan,14(1): 11-21.

Arsyad, A. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Davidowitz, B., dan Chittleborough, G. D. 2009. Linking The Microscopic and Sub-microscopic Levels : Diagrams. In J. K. Gilbert and D. F. Treagust (Eds.), Multiple Representation of Chemical Education. New York : Springer.

Devatak, I., Urbancic, M., Wissiak-Grm, K. S., Krnel, D., dan Glazar, S. A. 2004. Submicroscopic As A Tool For Evaluating Students’ Chemical Conception. Acta Chemica Slovenica. 51(4) : 799-814.

Hartiningsih, R. 2016. “Efektivitas Desain Pembelajaran ELPSA (Experiences, Language, Picture, Symbols, and Application) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Islam Sultan Agung Pada Materi Pokok Relasi Dan Fungsi Tahun Pelajaran 2015/2016â€. Skripsi Sarjana Pendidikan Matematika, Universitas Nusantara Persatuan Guru Republik Indonesia.

Jansoon, N. 2009. Understanding Mental Models Of Dilution In Thai Students. International Journal of Environmental and Science Education, 4(2): 147-168.

Lowrie, Tom dan Siti Maesuri Patahuddin. 2015. ELPSA- Kerangka Kerja Untuk Merancang Pembelajaran Matematika. Jurnal Disdaktik Matematika. ISSN: 2355-4185.

Mustakim. 2016. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar Segi Empat Melalui Model Pembelajaran ELPSA Dengan Permainan KSD Bagi Siswa Kelas VII A SMPN 2 Patean Kendal Semester 2 Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan, 17(1): 22-44.

Pramudjono. 2010. Statistika Dasar (Aplikasi Untuk Penelitian). Samarinda : Puri Kencana Samarinda.

Rakhmadani, N. 2013. Pengaruh Penggunaan Metode Teams Games Tournament Berbantuan Media Teka-Teki Silang dan Ular Tangga Dengan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Koloid Kelas XI SMA Negeri 1 Simo Tahun Ajaran 2011/2012. 2(4): 190-197.

Risnawati., Amir, Z., dan Sari, N. 2018. The Development of Learning Media Based on Visual, Auditory, and Kinestetic (VAK) Approach to Facilitate Students Mathematical Understanding Ability. Journal of Physics : Conference Series. 2nd International Conference on Statistic, Mathematics, Teaching, and Research.

Ruseffendi, E.T., 1991. Pendidikan Matematika 3. Proyek Penyetaraan Guru SD Setara D-II. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Sari, D.L., Ratna, K., dan Muflihah. 2017. “Analisis Keterampilan Berkomunikasi Siswa Melalui Desain Pembelajaran ELPSA (Experiences, Language, Picture, Symbols, Application) Pada Pokok Bahasan Hukum-Hukum Dasar Kimia KELAS X IPA DI SMA Negeri 8 Samarinda Tahun Ajaran 2016/2017.†Skripsi Sarjana Pendidikan Kimia, Universitas Mulawarman.

Simbolon, A.N., Iis, I. W., dan Ratna, K. 2018. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Bonding Board Dengan Model Pembelajaran Quantum Teaching Berbasis Visual, Auditori, Kinestetik (VAK) Terhadap Pemahaman Siswa Pada Materi Ikatan Kimia. Bivalen: Chemical Studies Journal, 1(1): 21-26.

Siwi, M.K dan Yuhendri. 2016. Analysis Characteristic of Learning Style VAK (Visual, Auditory, Kinestetic) Student of Banks and Financial Institutions Course. International Conference on Education For Economics, Business, and Finance (ICEEBF). ISSN: 2540-8372.

Syahdan, St dan Suwandi A. 2016. The Effectiviness Of The Implemantation Of Experience, Language, Pictorial, Symbol, and Application (ELPSA) In Matehematics Learning Based On Bruners Theory To Class VII Student At SMPN 29 In Makassar. Jurnal Daya Matematis. 4(2): 192-206.

Treagust, D., Gail, C., dan Thapelo L. M. 2003. The Role Of Submicroscopic and Symbolic Representations In Chemical Explanations. International Journal Of Science Education, 2(11): 1353-1368.

Wijaya, A. 2014. “Pengenalan Desain Pembelajaran ELPSA (Experiences, Language, Picture, Symbols, and Application)â€. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika.

Wu, H.K., Joseph. S., Krajcik., dan Elliot S. 2000. Promoting Conceptual Understanding Of Chemical Representation: Students Use Of A Visualization Tool In The Classroom. Journal Research in Science Teaching, 38(7): 821-824.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License