PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERAPAN I PADA MAHASISWA PROGRAM

Herdi Saputra(1), Dwi Purwanti(2),


(1) 
(2) 

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah masih rendahnya prestasi hasil belajar mahasiswa program studi Diploma III Teknik Elektro UNNES pada matakuliah Matematika Terapan I. Masalah yang timbul adalah seberapa besar peningkatan prestasi hasil belajar mahasiswa dapat diperoleh sebagai hasil inovasi metode pembelajaran matakuliah Matematika Terapan I menggunakan metode pemberian tugas melalui E-learning, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi hasil belajar mahasiswa D3 TE UNNES pada matakuliah Matematika Terapan I sebagai hasil inovasi metode pembelajaran menggunakan  metode tersebut. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa D3 TE UNNES Semester I yang mendapat matakuliah Matematika Terapan I. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas ( action research ) yang dirancang melalui dua siklus. Adapun prosedur tiap-tiap siklus terdiri dari: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Jenis data yang dikumpulkan berupa data kualitatif dan kuantitatif yang dikumpulkan dengan teknik Focus Group Discussion, observasi, wawancara mendalam, dan pengukuran hasil belajar melalui tes. Data kualitatif yang terkumpul akan dianalisis berdasarkan model analisis interaktif melalui empat komponen analisis yaitu: reduksi data, penyajian, penarikan simpulan dan verifikasi secara simultan. Sedangkan data kuantitqatif dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan : Prestasi belajar mahasiswa cenderung meningkat Hal ini nampak dari peningkatan nilai rata-rata prestasi belajar mahasiswa yang semula 62,91 pada siklus I meningkat menjadi 75,29 pada siklus II. Sementara faktorsemangat belajar mahasiswa juga mengalami peningkatan menjadi kriteria baik sebesar 32,87% dan secara umum kualitas pembelajaran meningkat dengan sangat signifikan yang berkategori baik menjadi sebesar 40.96%.

Kata Kunci : E-Learning, Pembelajaran, Matematika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License