PENERAPAN PANEL PERAGA MULTI FUNGSI  SISTEM KELISTRIKAN BODI UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MAHASISWA  BIDANG KELISTRIKAN BODI 

Dwi  Widjanarko(1), - Abdurrahman (2), - Wahyudi (3),


(1) 
(2) 
(3) 

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk merancang dan membuat panel peraga sistem kelistrikan bodi multi  fungsi dan  meneliti  peningkatan  kompetensi  sistem  kelistrikan  bodi  mahasiswa  setelah  menggunakan  panel  peraga. Metode  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah metode  pengembangan  yang  dilakukan  dengan merancang, membuat  dan menguji  panel  peraga  sistem  kelistrikan  bodi multi  fungsi, menerapkan  panel  peraga, melakukan penelitian dengan metode quasi­experiment model one­group time series design. Pembelajaran dilaksanakan dalam dua tahap, pertama pembelajaran tanpa menggunakan panel dan kedua dilakukan dengan dilengkapi panel peraga multi fungsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi mahasiswa setelah menggunakan panel peraga lebih tinggi dibanding sebelum menggunakan panel peraga. Ini menunjukkan bahwa alat peraga sistem kelistrikan bodi multi  fungsi dapat membantu mahasiswa dalam meningkatkan  kompetensi  sistem  kelistrikan bodi. Peningkatan kompetensi setelah penggunaan alat tersebut sekitar 31,87%.

Kata kunci: peraga multi fungsi, sistem kelistrikan bodi

 

The objectives of this research are to design and to make multifunctional  body  of  electrical  system teaching  aids  and  to  research  the  improvement of  students’  competence on  student body  electrical  system  after using  the  teaching aids. The method used  in  this research  is developing research done by designing, making, and testing  the  teaching  aids  of multifunctional  body  electrical  system,  applying  the  teaching  aids  in  teaching  and learning  process,  carrying  out  the  research  using  quasy  experimentwith  model  one  group  time  series  design. Teaching and learning process are held in two stages, first is ordinary  teaching and  learning process without  the teaching aids and the second is teaching and learning process with the teaching aids. The result indicates that the students’ competence after using the teaching aids in the teaching and learning process gets higher than before the application of teaching aids. This shows that the teaching aids could help students in improving their competence in body electrical system. The improvement is about 31,8%.

Keywords: multifunctional teaching aid, body electrical system

Full Text:

PDF PostScript

Refbacks

  • There are currently no refbacks.