EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT UNTUK  MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR KOMPETENSI SISTEM REM 

Johny  Harnoto  Egy (1), - Boenasir  (2), - Supraptono  (3),


(1) 
(2) 
(3) 

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penggunaan media pembelajaran power point terhadap prestasi belajar kompetensi Sistem Rem.  Jenis penelitian yang digunakan  ini adalah eksperimen dengan randomized  control­group  pretest­posttes  design.  Metode  pengumpulan  data  yaitu  dokumentasi  dan  tes.  Media pembelajaran  power  point diujicobakan  kelas  eksperimen,  sedangkan untuk  kelas  kontrol menggunakan metode konvensional,  sementara  kelas  ketiga  digunakan  untuk  mengujicoba  instrumen.  Hasil  penelitian  menunjukkan bahwa peningkatan prestasi belajar siswa pada kompetensi sistem rem dengan menggunakan media power point lebih baik dibanding dengan menggunakan metode konvensional.

Kata Kunci: Prestasi Belajar Kompetensi Sistem Rem

 

The  purpose  of  this  study was  to  determine  the  effectiveness  of  the  use  of  power  point  instructional media  on  learning  achievement  of  braking  system  competence.  This  research  type  is  experimental  with  a randomized pretest†posttest controlled group design. Data are  collected  through  test and documentation. Power point learning media tested on experimental class, while for the control class using conventional methods, and the third  class  is  used  to  test  the  instruments. The  results  showed  that  the  increase  in  student  achievement  on  the competence of the braking system by using the media is better than the conventional one.

Keywords: performance learning, braking system competence

Full Text:

PDF PostScript

Refbacks

  • There are currently no refbacks.