PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN VCD  (VIDEO COMPACT DISC) PADA KOMPETENSI SISTEM PENGISIAN 

Dody Alfianto (1), - Masugino (2), Widi  Widayat(3),


(1) 
(2) 
(3) 

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar kompetensi sistem pengisian siswa kelas XI MO1 SMK  N  1  Blora melalui  penggunaan media  VCD,  dan mengetahui  aktifitas  siswa  dan  guru  dalam  pembelajaran kompetensi sistem. Penelitian  ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus  terdiri 4  tahap yaitu perencanaan, tindakan,  observasi,  dan  refleksi.  Cara  pengumpulan  data  melalui  angket,  observasi,  dan  tes.  Hasil  penelitian menunjukan  ada  peningkatan  hasil  belajar  siswa  pada  kompetensi  dasar  mengidentifikasi  sistem  pengisian. Penggunaan media VCD dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini ditandai dengan meningkatnya hasil belajar siswa dengan pencapaian rata – rata nilai siklus I sebesar 73,65 dan pada siklus II menjadi 80,74. Aktivitas siswa dari 66,24% pada siklus I naik mencapai 76,12% pada siklus II. Ada peningkatan aktivitas guru sebesar 20% dari 67,50% pada siklus I menjadi 87,50% pada siklus II. Tanggapan siswa positif terhadap pembelajaran menggunakan media VCD sebesar 76,47% (jumlah 26 siswa). Saran – saran yang diajukan pertama, untuk mencapai hasil belajar siswa yang optimal, guru perlu menggunakan media pembelajaran karena selain dapat mengkonkritkan hal – hal yang bersifat abstrak. Kedua, penggunaan media VCD kiranya dapat dijadikan salah satu alternatif dalam pemilihan media pembelajaran, karena telah terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata kunci: hasil belajar, media pembelajaran VCD, kompetensi sistem pengisian

 

This research is aimed to know the study result of charging system competence of eleventh graders of MO 1 at SMK N 1 Blora through VCD media and to identify students and teachers’ activities in system competence learning. The research was held in two cycles. Each cycle consisted of 4 phases. They were plan, action, observation, and  reflection.  The methods  in  collecting  data were  questionnaire, observation, and test. The result of research shows that there is improvement of study result in basic competence of charging system identifying. The use of VCD as learning media can improve students’ study results. It can be seen in the improvement of students’ study results with average achievement about 73,65 in the first cycle and about 80,74 in the second one. Students’ activities from 66,24% in the first cycle become 76,12% in the second one. There is also improvement of teachers’ activities about 20%  from 67,50%  in the  first cycle to be 87,50%  in the second one. The responses of students are positive about 76,47% (got from 26 students) toward the learning by using VDC media. The suggestions are: (1) teachers need to use learning media to reach optimal study result because it can make abstract matters concrete, (2) the use of VCD media is hopefully applied as one alternative in learning media selection, because it can improve students’ study reâ€sults.

Keywords: study result, VCD learning media, charging system competence

Full Text:

PDF PostScript

Refbacks

  • There are currently no refbacks.