HASIL BELAJAR KOMPETENSI SISTEM BAHAN BAKAR BENSIN DENGAN PEMBELAJARAN  ACCELERATED LEARNING MENGGUNAKAN METODE PENDEKATAN SAVI 

- Yulianto (1), - Soedartono (2), - Wahyudi (3),


(1) 
(2) 
(3) 

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan mengetahui  proses  pembelajaran  otomotif melalui  pembelajaran  accelerated learning dengan metode pendekatan SAVI pada kompetensi siswa mekanik otomatif di SMK Muhammadiyah 2 Anâ€dong Boyolali. Jenis Penelitian ini penelitian tindakan kelas. Cara pengumpulan data dengan melalui angket, obserâ€vasi, dan tes.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran accelerated learning dengan pendekatan SAVI daâ€pat meningkatkan proses pembelajaran kearah yang  lebih baik. Hal  ini ditandai dengan pembelajaran siklus I keâ€tuntasan belajar siswa sebesar 69,05% dengan nilai rataâ€rata 73,45. Pada siklus II ketuntasan belajar siswa mengaâ€lami peningkatan 92,86% dengan rataâ€rata hasil belajar 85,52. Hal ini menunjukkan bahwa pemahaman siswa terâ€hadap materi yang sedang diajarkan dapat meningkat sesuai yang diharapkan. Saran; Guru SMK  jurusan mekanik otomotif  hendaknya  mempertimbangkan  penggunaan  pembelajaran  accelerated  learning  dengan  metode pendekatan  SAVI  .  Penerapan  pembelajaran  accelerated  learning  dengan  metode  pendekatan  SAVI  guru  perlu merencanakan  skenario  pembelajaran  yang  matang  dengan  melibatkan  semua  indera  dan  aktifitas  intelekâ€tual.Penerapan pembelajaran accelerated learning dengan metode pendekatan SAVI perlu dikembangkan lebih lanâ€jut pada materi yang lain.

Kata kunci: Accelerated Learning, metode SAVI, hasil belajar, kompetensi sistem bahan bakar

 

The objective of  this  research  is  to  study accelerated  learning process with  SAVI approach on  student competency at SMK Muhammadiyah 2 Andong Boyolali. This research is class action research. Data were collected using questionare, observation, and test. The result showed that the accelerated learning with SAVI approach could improve learning toward beter learning process. This was indicated by cycle I learning mastery of 69.05% and avâ€erage score of 73.45, whereas in cycle II, the learning mastery improved up to 92,82% with average score of 85.52. This shows that students’ understanding on thought subject matter  increases.  Suggestion:  automotive  teachers need to consider the use of accelerated learning with SAVI approach.  In applying  this approach,  teachers  should plan  learning  scenario by  involving all  senses and  intellectual activities. Application of accelerated  learning with SAVI approach should be developed further on other subject matter.

Keywords: accelerated learning, SAVI method, learning achievement, competency of fuel system

Full Text:

PDF PostScript

Refbacks

  • There are currently no refbacks.