EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI MEMAHAMI DAN MEMELIHARA SISTEM STARTER REDUKSI

Buyung Iman Taka(1), Dwi Widjanarko(2),


(1) Pendidikan Teknik Mesin
(2) Pendidikan Teknik Otomotif

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran dengan menggunakan media video dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi memahami dan memelihara sistem starter reduksi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan pola pretest dan posttest control design. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata hasil belajar pada kelompok kontrol semula 60,725 meningkat menjadi 72,45 dengan peningkatan sebesar 0,299 yang termasuk dalam kategori “rendahâ€. Sedangkan pada kelompok eksperimen rata-rata hasil belajar semula 62,357 meningkat menjadi 84,57, sehingga terjadi peningkatan sebesar 0,602 yang termasuk dalam kategori â€sedangâ€. Selisih peningkatan hasil belajar pada pembelajaran dengan menggunakan media video lebih besar daripada selisih peningkatan pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah (0,602 > 0,299), sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video efektif dalam pembelajaran terutama pada kompetensi memahami dan memelihara sistem starter bila di bandingkan dengan metode ceramah pada siswa kelas XI TOKR SMK Palapa Semarang.

Keywords

media video, hasil belajar, sistem starter

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.