EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TS-TS) PADA KOMPETENSI DASAR MEMAHAMI DAN MEMELIHARA SISTEM REM

Aji Nur Samsi(1),


(1) Pendidikan Teknik Otomotif

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray (TS-TS) terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar memahami dan memelihara sistem rem siswa kelas XI Teknik Kendararaan Ringan di SMK Negeri 3 Semarang. Metode penelitian ini menggunakan eksperimen dengan populasi dalam penelitian ini berjumlah 104 dan sampel diambil menggunakan teknik random sampling dengan ketentuan kelas kontrol diberikan pembelajaran konvensional dan kelas eksperimen diberikan. Analisis data menggunakan uji hipotesis (uji-t). Dimana hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 50,28 sedangkan nilai rata-rata post-test sebesar 82,64. Ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol berdasarkan nilai thitung sebesar 2,47 > nilai ttabel sebesar 2,00. Data tersebut menunjukan adanya pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray (TS-TS) dibuktikan dengan hasil belajar siswa mengalami peningkatan.

Keywords

Model Pembelajaran, Two Stay Two Stray (TS-TS), Hasil Belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.