PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN CERAMAH DENGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) YANG DILENGKAPI MEDIA MODEL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA GAMBAR PROYEKSI

Masruri Masruri(1), Murdani Murdani(2),


(1) Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang
(2) Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar sebelum dan sesudah perlakuan serta terjadinya peningkatan hasil belajar membaca gambar proyeksi pada siswa SMK Negeri 1 Kedungwuni antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan pola pre test – post test two group design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X Jurusan Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Kedungwuni dengan jumlah 64 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Sampel pada penelitian ini adalah semua kelas X Jurusan Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Kedungwuni dimana kelas X TP 1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X TP 2 sebagai kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar membaca gambar proyeksi pada kelompok kontrol nilai rata-ratanya 67,27 dengan kriteria tinggi dengan. Sedangkan pada kelompok eksperimen nilai rata-ratanya 90,84 dengan kriteria sangat tinggi. Ada peningkatan hasil belajar membaca gambar proyeksi menggunakan pembelajaran ceramah dengan Lembar Kerja Siswa (LKS) yang dilengkapi media model dibandingkan dengan pembelajaran ceramah dengan media papan tulis pada siswa SMK Negeri 1 Kedungwuni. Besarnya peningkatan hasil belajar membaca gambar proyeksi yang menggunakan pembelajaran ceramah dengan Lembar Kerja Siswa (LKS) yang dilengkapi media model pada siswa SMK Negeri 1 Kedungwuni sebesar 55,80% dengan kriteria cukup, sedangkan yang menggunakan pembelajaran ceramah konvensional sebesar 28,95% dengan kriteria rendah.

Keywords

Lembar Kerja Siswa, media model, membaca gambar proyeksi, hasil belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.