PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN DIFFERENTIAL BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK SISWA KELAS XI SMK

Donny Kurniawan(1), Masugino Masugino(2),


(1) Prodi Pendidikan Teknik Otomotif
(2) Prodi Pendidikan Teknik Otomotif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan multimedia pembelajaran differential berbasis augmented reality dan keefektifan penggunaan pada siswa kelas XI Otomotif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Otomotif SMK Negeri 1 Kota Magelang berjumlah 56 siswa. Objek penelitian ini adalah multimedia pembelajaran differential berbasis augmented reality. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji t. Hasil penilaian dari uji ahli materi dan ahli media, multimedia pembelajaran differential berbasis augmented reality telah memenuhi kriteria sangat layak. Terbukti dari rata-rata presentase hasil uji materi sebesar 88% dan hasil uji media sebesar 94%. Multimedia pembelajaran differential berbasis augmented reality dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dari grafik peningkatan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen yaitu sebesar 13, sedangkan pada kelas kontrol hanya sebesar 7,43, maka perbedaan peningkatan hasil belajar siswa kelas kontrol dan eksperimen sebesar 5,57. Hasil uji t untuk nilai post-test thitung = 3,23 > ttabel 2,052, hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan nilai hasil post-test antara kelas kontrol dan eksperimen. Hasil uji gain ternormalisasi pada kelas kontrol yang memperoleh nilai gain sebesar 0,251208 sedangkan nilai gain pada kelas eksperimen sebesar 0,450495. Interpretasi kelas kontrol masuk dalam kategori peningkatan rendah sedangkan kelas eksperimen masuk dalam kategori peningkatan sedang. Hasil tersebut membuktikan bahwa multimedia pembelajaran differential berbasis augmented reality merupakan multimedia yang efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil pengembangan berupa aplikasi multimedia pembelajaran differential berbasis augmented reality yang dapat dioperasikan dengan android disertai dengan buku pendamping.

Keywords

multimedia pembelajaran, differential, augmented reality

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.