PENGGUNAAN PANEL PERAGA POWER WINDOW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI KELISTRIKAN TAMBAHAN

Budi Hermanto(1), Suratno Margo Sulistyo(2),


(1) Alumni Prodi Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Negeri Semarang
(2) Prodi Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Tujuan  dari  penelitian  ini  adalah untuk  mengetahui  hasil  belajar  menggunakan  panel  peraga  sistem

power window dan tidak menggunakan panel peraga power window serta mengetahui peningkatan hasil belajar kompetensi kelistrikan pada siswa yang menggunakan panel peraga sistem power window dibanding hasil belajar siswa tanpa  menggunakan  panel  peraga  power  window.  Penelitian  ini menggunakan  desain  eksperimen  jenis pretest-posttest control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI Keahlian Teknik otomotif SMK Nusantara 1 Comal berjumlah 126 siswa. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling dengan kelas XI TKR1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI TKR3 sebagai kelas eksperimen. Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata kelompok eksperimen (pre test) sebesar 43,26 dan rata-rata (post test) sebesar 75,9. Sedangkan kelas kontrol (pre test) sebesar 46,88 dan rata-rata (post test) sebesar 66,58. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa menggunakan panel peraga power window dapat meningkatkan hasil belajar siswa daripada tanpa panel peraga power window.

Keywords

hasil belajar, panel peraga power window, kompetensi kelistrikan tambahan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.