RELIABILITAS INSTRUMEN PENELITIAN PENDIDIKAN

Muhammad Khumaedi(1),


(1) Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang

Abstract

Pada penelitian pendidikan adanya data yang konsisten adalah suatu keharusan dalam rangka untuk mendapatkan kesimpulan penelitian yang tepat. Untuk itu peneliti perlu melakukan uji reliabilitas terhadap instrumen yang digunakan. Ada tiga cara untuk mengestimasi koefisien reliabilitas yaitu: metode tes ulang ( test- retest), metode bentuk parallel (parallel forms), dan metode konsistensi internal (internal consistency). Di antara metode-metode tersebut, metode konsistensi internal (internal consistency) adalah yang paling banyak digunakan. Hal ini dikarenakan pengujiannya tidak perlu pengulangan, sehingga masalah-masalah yang timbul pada saat pengulangan dapat dihindari. Untuk penerimaan reliabilitas adalah sangat tergantung peneliti dalam menggunakan kriteria yang digunakan. Tentunya semakin besar koefisien reliabilitas yang digunakan akan semakin konsisten instrumen tersebut.

Keywords

reliabilitas, instrumen penelitian, pendidikan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.