PERANAN MODUL DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN ANALISIS KERUSAKAN SISTEM REM ABS (ANTI-LOCK BRAKE SISTEM)

Indra Hermawan, Suratno Margo Sulistyo

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar dengan penera- pan modul pembelajaran sistem rem ABS (anti-lock brake sistem) sebagai alat bantu pembelajaran terhadap kom- petensi Casis dan Pemindah Daya. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI TKR A, B, dan C SMK Negeri 1 Rembang tahun ajaran 2012/2013. Penelitian menggunakan desain eksperimen sejati. Penentuan ke- lompok perlakuan dilakukan secara random selection. Penelitian mengambil 2 kelas yang dijadikan kelas kontrol dan eksperimen. Pengumpulan data menggunakan tes, analisis data dengan teknik statistik deskriptif. Hasil belajar pada peserta didik pada kompetensi Casis dan Pemindah Daya mengalami peningkatan dengan bantuan modul pembelajaran ABS (anti-lock brake sistem) dengan hasil uji-t yang diperoleh adalah thitung sebesar 2,194 dan nilai ttabel sebesar 1,67.


Keywords


modul pembelajaran, pemahaman dan analisis kerusakan, antilock braking system

Refbacks

  • There are currently no refbacks.