PENERAPAN MODEL BELAJAR KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIl BELAJAR MATERI ELEKTROPLATING

Yudi Nur Sukmayadi(1), Hadromi Hadromi(2), Karnowo Karnowo(3),


(1) Alumni Prodi Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Negeri Semarang
(2) Prodi Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Negeri Semarang
(3) Prodi Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model belajar kooperatif tipe jig- saw terhadap peningkatan hasil belajar materi elektroplating. Penelitian ini menggunakan desain pre-eksperimental dengan pola static group comparison. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa PTM Jurusan Teknik Mesin Universi- tas Negeri Semarang yang terdiri dari 50 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan antara hasil prestasi belajar materi elektroplating setelah menggunakan model belajar kooperatif tipe jigsaw pada mata kuliah korosi dan teknik pelapisan. Rata-rata (pre test) sebesar 46,16 dan nilai rata-rata setelah (post test) sebesar 74,76. Sehingga dapat dikatakan bahwa penggunaan model belajar kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran materi el- ektroplating telah berjalan dengan baik karena prestasi belajar mahasiswa mengalami peningkatan 61,9 % dibandingkan sebelum menggunakan model belajar kooperatif tipe jigsaw.

Keywords

materi elektroplating, pembelajaran kooperatif, Jigsaw, hasil belajar.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.