MODEL PEMBELAJARAN PAKEM UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR KOMPE- TENSI KEJURUAN MEKANIK OTOMOTIF PADA SISWA KELAS X SMK MIFTAHUL ULUM BOARDING SCHOOL DEMAK

Ahmad Saefudin(1), Karsono Karsono(2),


(1) Prodi Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Negeri Semarang
(2) Prodi Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan prestasi belajar kompetensi kejuruan mekanik otomotif dengan metode pembelajaran PAKEM dibandingkan dengan metode konvensional (ceramah biasa). Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 2 kali pertemuan dan masing-masing pertemuan meliputi 4 tahapan; perencanaan, tindakan, observasi dan refklesi. Data diperoleh dari hasil tes dan observasi. Model pembelajaran PAKEM dapat meningkatkan prestasi belajar dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Nilai rata-rata kelas naik hingga 89,73% setelah model pembelajaran PAKEM dite- rapkan, sedangkan sebelumnya model pembelajaran konvensional hanya mencapai nilai rata-rata kelas sebesar 60% Sebaiknya sekolah menerapkan model pembelajaran PAKEM karena terbukti dapat meningkatkan prestasi be- lajar siswa khususnya pada kompetensi kejuruan mekanik otomotif. Selain itu guru juga diharapkan dapat melaksanakan pembelajaran dengan model pembelajaran PAKEM pada materi-materi yang lain agar siswa lebih mema- hami keterkaitan suatu topik dengan topik lain. Para siswa dengan nilai yang kurang memuaskan hendaknya terli- bat aktif dalam proses pembelajaran dengan model PAKEM.

Keywords

model pembelajaran PAKEM, kompetensi mekanik, kejuruan mekanik otomotif

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.