KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISTEM PENDINGIN
(1) Prodi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang
(2) Prodi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang
(3) Prodi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar sistem pendingin dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD serta keefektifannya terhadap peningkatan hasil belajar. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK N Jambu tahun pelajaran 2013/2014 berjumlah 4 kelas, dan sampel yang digunakan adalah kelas XI TKR 1 sebagai kelas eksperimen, kelas XI TKR 3 sebagai kelas kontrol dan kelas XI TKR 3 sebagai kelas uji coba. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan static group comparison, menggunakan tes sebagai alat pengumpul data. Hasil analisis deskriptif diketahui bahwa hasil pre-test dan post-test pada kedua kelompok penelitian mengalami peningkatan. Selisih peningkatan hasil belajar pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih besar daripada pembelajaran langsung (21,86 > 14,01), maka hasil belajar sistem pendingin siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK N Jambu menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran langsung.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.