KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISTEM PENDINGIN

Achmad Sochibul Hilal(1), Soesanto .(2), Wahyudi .(3),


(1) Prodi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang
(2) Prodi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang
(3) Prodi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang

Abstract

Tujuan penelitian ini  untuk mengetahui hasil belajar sistem pendingin dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD serta keefektifannya terhadap peningkatan hasil belajar. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK N Jambu tahun pelajaran 2013/2014 berjumlah 4 kelas, dan sampel yang digunakan adalah kelas XI TKR 1 sebagai kelas eksperimen, kelas XI TKR 3 sebagai kelas kontrol dan kelas XI TKR 3 sebagai kelas uji coba. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan  pendekatan  static  group  comparison,  menggunakan  tes  sebagai  alat  pengumpul  data.  Hasil  analisis deskriptif diketahui bahwa hasil pre-test dan post-test pada kedua kelompok penelitian mengalami peningkatan. Selisih   peningkatan   hasil   belajar   pada   model   pembelajaran   kooperatif   tipe   STAD   lebih   besar   daripada pembelajaran langsung (21,86 > 14,01), maka hasil belajar sistem pendingin siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK N Jambu menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran langsung.

Keywords

kooperatif tipe STAD , langsung dan hasil belajar sistem pendingin

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.