PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC SKILL TEKNOLOGI FERMENTASI BERBASIS MASALAH LINGKUNGAN

Yatin Mulyono(1), Siti Harnina Bintari(2), Enni Suwarsi Rahayu(3), Priyantini Widiyaningrum(4),


(1) Kampus Unnes Bendan Ngisor, Semarang, 50233
(2) Kampus Unnes Bendan Ngisor, Semarang, 50233
(3) Kampus Unnes Bendan Ngisor, Semarang, 50233
(4) Kampus Unnes Bendan Ngisor, Semarang, 50233

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses pembelajaran biologi di SMA 1 Kandangserang, mengembangkan perangkat pembelajaran dengan pendekatan scientific skill berbasis masalah lingkungan pada limbah produksi tempe-tahu, dan mengevaluasi validitas, efektivitas, serta kepraktisan perangkat pembelajaran tersebut. Metode yang digunakan adalah Research and Development dengan menganalisis kebutuhan kemudian mengembangkan produk dan diuji validitas, efektivitas, dan kepraktisanya hingga diperoleh produk final. Produk yang dikembangkan adalah perangkat pembelajaran dengan pendekatan scientific skill teknologi fermentasi berbasis masalah lingkungan pada limbah produksi tempe-tahu, yaitu meliputi silabus, RPP, bahan ajar, lembar diskusi peserta didik (LDPD), dan lembar penilaian scientific skill. Hasil analisis menunjukkan perangkat pembelajaran sangat valid, efektif, dan praktis diterapkan. Guru hendaknya menerapkan perangkat pembelajaran dengan pendekatan scientific skill teknologi fermentasi berbasis masalah lingkungan pada limbah produksi tempe-tahu.

 


The research aims to describe biology learning process in SMA 1 Kandangserang detaily, expand learning process with scientific skill approach problem based learning, and evaluate the validity, effectivity, and practical the learning equipment. The method in this research is Research and Development, by analyzing the need and then developing a product and find the validity, effectivity, practically until gets the final product. The product that been developed is learning equipment with scientific skill technology of fermentation that principle with surrounding problems, consist of the syllabi, lesson plan, teaching materials, student discussion papers, and scientific skill’s evaluation  paper. The learning equipment is valid, efective and has been used. Learning equipment using scientific skill inenvironment problem based should be applied in making of tempe-tahu by the teacher.

Keywords

Learning equipment; Scientific skill; Environment problem based

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2013 Yatin Mulyono, Siti Harnina Bintari, Enni Suwarsi Rahayu, Priyantini Widiyaningrum

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.