EFEKTIVITAS METODE OBSERVASI DENGAN LKS WORD SQUARE TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA

Fenny Widiyanti(1), Eling Purwantoyo(2), Andin Irsadi(3),


(1) Jurusan Biologi, FMIPA UNNES, Indonesia
(2) Jurusan Biologi, FMIPA UNNES, Indonesia
(3) Jurusan Biologi, FMIPA UNNES, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan metode observasi dengan LKS Word Square terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 1 Warureja Kabupaten Tegal semester genap tahun ajaran 2010/2011. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII sebanyak 9 kelas. Sampel tiga kelas yaitu kelas VII G, VII H dan VII I diambil dengan teknik purpossive sampling. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimental Design dengan rancangan One-Shot Case Study. Hasil penelitian menunjukan bahwa 83,52% siswa aktif dalam pembelajaran serta 92,08% siswa telah melampui KKM pembelajaran (≥ 75% aktivitas siswa termasuk dalam kategori aktivitas sangat tinggi dan aktivitas tinggi serta 85% dari keseluruhan siswa memperoleh nilai ≥ 65). Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode observasi dengan LKS Word Square pada materi klasifikasi makhluk hidup efektif terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa.

 

This research aims to find out effectiveness of  observation method application using  Word Square LKS toward activity and student learning result on human being clasification material. This research was done in SMP N 1 Warureja Kabupaten Tegal in semester VII  there were 9 classess. The sample was three classess which were VII G, VII H, and VII I and  taken using purposive technic sampling. This research is Quasi experimental design using One-Shote Case Study desaign. The research result showed that 83,52% student active in learning also 92,08% student was over learning KKM  (≥ 75% student activity which were include in very high activity category and high activity also 85% from all student  achieved  mark ≥ 65). The research summary is an observation method application using Word Square LKS on human being clasification material was effective toward activity and student learning result.

 

Keywords

Effectiveness; observation method; student learning result; Word Square LKS;.

Full Text:

PDF

References

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi IV. Jakarta: PT Rineka cipta.

Dimyati & Mujiyono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Dalyono, M. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Edward. 2006. Upaya peningkatan mutu PBM IPA dengan memakai LKS interaktif pada siswa kelas VI SDN 8 Ganting Padang Panjang. Jurnal Guru. 1(3): 21-32

Gusti, R.P. 2006. Upaya peningkatan pemahaman konsep biologi melalui pendekatan konstektual dan model pembelajaran berbasis Gambar (picture & picture) pada kelas XI IPA SMA Muhammadiyah kota Padang Pajang. Jurnal Guru. 1(3): 33-48

Indrawati. 2007. Peranan foto dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa calon guru fisika dalam membuat media pembelajaran fisika sekolah menengah yang kontekstual. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 13(69): 968

Nasution. 2009. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Weinstein, P. 2008. What’s wrong with this picture is what’s right with this picture. The International Journal of Learning. 13(11): 85-90

Yusuf Y & M Natalia. 2005. Upaya peningkatan hasil belajar biologi melalui pembelajaran kooperatif dengan pendekatan struktur di kelas 17 SLTP Negeri 20 Pekanbaru. Jurnal Biogenesis. 2(1): 8-12

Yuswarni. 2007. Penggunaan media grafis untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VI SDN 07 Silaing Bawah pada materi luas daerah segi banyak. Jurnal Guru. 4(2): 104

Zakaria E & Z Iksan. 2007. Promoting cooperative learning in science and mathematics education. Eurasia Journal of Mathematics Science & Tecnology Education. 3(1): 35-39

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2014 Fenny Widiyanti, Eling Purwantoyo, Andin Irsadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.