PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI PBL PADA SISWA KELAS X SMA

Retno Puji Astuti(1), Iwan Junaedi(2),


(1) SMA Negeri 4 Pekalongan
(2) SMA Negeri 4 Pekalongan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi materi pencemaran pada siswa kelas X .Setting penelitian ini adalah di SMA Negeri 4 Pekalongan kelas X6 dengan jumlah 30 siswa  dari Februari sampai Juli 2013.  Data penelitian yang dikumpulkan berupa informasi aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pelajaran biologi materi pencemaran. Alat pengumpul data berupa : lembar observasi dan daftar nilai siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif komparatif. Prosedur penelitian dilakukan dengan prosedur PTK menggunakan  dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Hasil  Penelitian ini adalah: pada siklus I, siswa yang tuntas adalah 19 dari 30 siswa atau 63,3% dan siswa yang tidak tuntas adalah 11 dari 30 siswa atau 26,7 %. Hasil pada siklus II  adalah: siswa yang tuntas 25 dari 30 siswa atau 83,3%. Terdapat peningkatan 20% dari siklus I Sedangkan keaktifan siswa pada siklus I adalah 20 siswa dari 30 siswa atau 67,7%. Pada siklus II keaktifan siswa  mengalami peningkatan menjadi 28 siswa dari 30 siswa atau 90%. Dengan hasil penelitian  dari siklus I ke siklus II, dapat disimpulkan pembelajaran dengan PBL dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi pencemaran siswa kelas X6 SMA Negeri 4 Pekalongan Tahan 2012/2013.

 

This study aims to improve the learning outcomes of the activity and biological material in class X pollution. Setting this research is in SMA Negeri 4 Pekalongan X6 class by the number of 30 students from February to July 2013. The research data were collected in the form of information activities and student learning outcomes in a biology lesson material contamination. A data collection tool: observation sheets and a list of students' grades. The data analysis technique used is a comparative descriptive technique. Research procedures performed by PTK procedure using two cycles of the cycle I and cycle II. The results of this study are: in the first cycle, students who pass is 19 of 30 or 63.3% of students and students who did not complete is 11 out of 30 students or 26.7%. Results of the second cycle are: students who completed 25 of 30 students or 83.3%. There is a 20% increase from the first cycle while active students in the first cycle were 20 students from 30 students or 67.7%. In the second cycle active students increased from 30 students to 28 students or 90%. With results from the first cycle to the second cycle, it can be concluded with PBL can enhance learning activities and learning outcomes of students at grade material contamination X6 SMAN 4 Pekalongan year 2012/2013.

Keywords

learning activities; learning outcomes; Learning Problem Based

Full Text:

PDF

References

Adnyana PG, 2009. Meningkatkan Kualitas Aktivitas Belajar, Keterampilan Berpikir Kritis, Dan Pemahaman Konsep Biologi Siswa Kelas X-5 Sma Negeri 1 Banjar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Buleleng Bali: Jurnal Pendidikan Kerta Mandala Dinas Pendidikan Kabupaten Buleleng, Bali, Volume 1 Nomor 001, Oktober 2009, ISSN 2085-9716

Alcariono M, 2008. Penerapan Pembelajatran masalah Untuk meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa pada mata pelajaran Biologi. Jurnal pendidikan Inovatif, Volume 3, Nomor 2, tahun 2008.

Departeman Pendidikan Nasional. 2006. Pedoman Penyusunan Usulan Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta:PPTK dan KPT Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi

Darsono M. 2007. Belajar dan Pembelajaran. Semarang : IKIP Semarang

Fitri A, 2011. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Statistika Dasar Bermuatan Pendidikan Karakter Dengan Metode Pembelajaran berbasis masalah, Jurnal Pp Volume 1, No. 2, Desember 2011, Issn 2089-3639

Furqon Hidayatulloh M. 2010. Guru Sejati : Membangun Insan Berkarakter Kuat, Cerdas, Surakarta. Yustama Pusta

Harjanto P, 2010, Problem based learning (PBL) untuk meningkatkan prestasi belajar fisika dan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X.3 SMA Negeri 1 Slahung Ponorogo.

Kristanto VH, 2010. Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas Vii Smp Negeri Di Kota Madiun Untuk Pokok Bahasan Himpunan. Unika Widya Mandala Madiun

Rubi, AP. 2010, Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Pembelajaran berbasis masalah) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Diklat Praktik Dasar Intalasi Listrik (Pdil) Di Smk Muhammadiyah 3 Yogyakarta

Rustama, 2003. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Bandung : jurusan Pendidikan Biologi UPI bandung

Sadiman, 2007. Media Pembelajaran. Jakarta:Rajagrafindo Persada

Sardiman, 2001. Interaksi dan motivasi Belajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Slameto, 2003. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Slavin RE, 2005. Coopertive Learning. Bandung Teori, Riset dan Praktik : Nusa Media

Sugiyanto, 2010. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka

Supriyono A, 2010. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Kota Pelajar

Wardhani IP, 2008. Penerapan problem based learning pada mata pelajaran geografi untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dan hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 9 Blitar. Blitar: 2008

Yamin M. 2007. Kiat membelajarkan Siswa, Jakarta: Goung Persada Press dan Center For Learning Innovation

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2014 Retno Puji Astuti, Iwan Junaedi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.