PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERMODELKAN EXAMPLE NON EXAMPLE BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA

Dian Ristiani Sabat(1), Ning Setiati(2), Dyah Rini Indriyanti(3),


(1) Program Studi S2 Pendidikan IPA Universitas Negeri Semarang, Indonesia
(2) Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Semarang, Indonesia
(3) Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Abstract

Perangkat pembelajaran materi pencemaran lingkungan yang terdapat di SMA Negeri 1 SoE masih belum dikembangkan secara baik, menyebabkan kemampuan berpikir kritis siswa menjadi rendah dan menurunnya hasil belajar siswa kelas X. Disebabkan materi pencemaran lingkungan masih bersifat abstrak dan belum mengarah kepada pemahaman konsep. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran bermodelkan example non example berorientasi pada kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Desain penelitian Research and Development (R&D) dan pengujiannya menggunakan metode eksperimen. Teknik analisa data meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji kevalidan, uji ketuntasan hasil belajar. Penelitian ini dikembangkan perangkat pembelajaran bermodelkan example non example meliputi silabus, Rencana Pelaksanaan pembelajaran (RPP), bahan ajar, Lembar Kerja Siswa (LKS) dan alat evaluasi, yang divalidasi validator ahli untuk mengetahui validitas, reliabilitas perangkat pembelajaran. Untuk memperoleh data pelengkap dikembangkan instrumen yaitu lembar observasi kemampuan berpikir kritis siswa, lembar angket afektif siswa, respon guru dan siswa. Hasil pengembangan pembelajaran bermodelkan example non example yang valid dan inovatif. Pada kelas eksperimen 1 kemampuan berpikir kritis lebih baik dibandingkan kelas eksperimen 2. Respon guru 92,5% dan siswa 96,16% dengan kriteria baik sekali. Hasil belajar sesuai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) kedua kelas eksperimen, sebesar 77,7% dan 88,8% artinya pembelajaran dilakukan secara tuntas. 

The lesson plan of environment pollution in SMA Negeri 1 SoE, had been not developed well because environmental pollution especially in the school environment was still abstract and  in teaching learning process did not lead the students to understand the concept of pollution itself .It was the reason why the achievement of X.1 students were still low because the students did not have the critical thinking ability. The objective of  the research is produce instrument learning model example non example oriented on students outcome and critical thinking ability. The research design Research and Development (R&D) and  use experimental method. This objective study was to develop a learning model example non example includes syllabus, Lesson Plan, teaching materials, students' worksheet (LKS) and evaluation tools, which have been validated  by a validator experts to determine the validity and reliability of the learning device. To obtain supplementary data developed instruments which are; observation sheet of the students' critical thinking skills, students’ affective questionnaire sheet, teachers and students response. The result of this study showed that example non example model was valid and innovative. In the first experimental class showed that the critical thinking skills better than the second experimental class. Learning modeled example non example also provided a response to the teachers was 92.5% and 96.16% of students with excellent criteria. The result of the study showed that first experimental class gained 77,7% and the second  experimental class gained 88.8%. It means that both classes passed the Minimum Mastery Criterion (KKM).

Keywords

Example Non Example, Critical Thinking, Learning, Outcomes

Full Text:

PDF

References

Anderson D. R. 1997. Manajemen Sains Pendekatan Kuantitatif untuk Pengambilan Keputusan Manajemen. Jakarta : Erlangga

Arikunto, S. 2009 . Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta.

Ennis, R.H. 1996. Critical Thinking. New Jersey: Prentice Hall.

Johnson. E. B. 2008. Contextual Teaching & Learning. Bandung. Mizan Learning Center (MLC)

Murbangun Nuswowati, Binadja A, Soeprodjo, Ifada K. E. 2010. Pengaruh validitas dan reliabilitas butir soal ulangan akhir semester bidang studi kimia terhadap pencapaian kompetensi. Jurnal inovasi pendidikan kimia, Vol .4(1); 566-573

Nur, Muhammad. 2005. Pembelajaran Kooperatif. Jawa Timur : Depdiknas.Nurhidayati A. 2013. Peningkatan ranah afektif melalui pembelajaran model motivasional. Jurnal ilmiah pendidikan teknik dan kejuruan (JIPTEK), Vol. VI No.2.

Rahayu T. D, Purnomo B, Sukidin. 2014. Analisis tingkat kesukaran dan daya beda pada soal ujian tengah semester ganjil bentuk pilihan Ganda mata pelajaran ekonomi Kelas X di SMA N 5 jember tahun ajaran 2012-2013. Jurnal Edukasi UNEJ. Vol. I(I):39-43

Trianto. 2007. Model Pembelajaran terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabeta

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta

Sudrajat Akhmad. 2008. Pengertian Strategi Metode, Teknik, Taktik dan Model Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Zubaidah Siti. 2010. Restrukturisasi pemahaman berbagai istilah pada penulisan komponen metode dalam rencana pelaksanaan pembelajaran. Jurnal TEQIP Vol. 1, No. 1

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2016 Dian Ristiani Sabat, Ning Setiati, Dyah Rini Indriyanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.