Penyuluhan Dan Pelatihan Pembuatan Filter Air Bersih Di Desa Nepo Kecamatan Tanasitolo Kabupaten Wajo

Achmad Zubair(1), Arifuddin Akil(2), Rita Lopa(3), Roslinda Ibrahim(4),


(1) Universitas Hasanuddin
(2) Universitas Hasanuddin
(3) Universitass Hasanuddin
(4) Universitas Hasanuddin

Abstract

Permasalahan utama yang dihadapi masyarakat Desa Nepo adalah kurangnya ketersediaan air dengan kualitas yang memenuhi persyaratan kesehatan/baku mutu sehingga memaksa masyarakat menggunakan air sungai yang kualitasnya diragukan. Permasalahan ini harus ditangani sesegera mungkin karena dapat memberikan dampak negatif terhadap kesehatan masyarakat. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan masyarakat mengenai persyaratan kualitas air bersih dan teknologi pengolahan air bersih dengan cara menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) sehingga kesehatan masyarakat tetap terjaga. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan dan target yang telah ditetapkan adalah dengan cara melaksanakan pelatihan dan penyuluhan yang diharapkan berguna bagi masyarakat setempat. Dengan terlaksananya kegiatan pengabdian ini, pengetahuan masyarakat mengenai hidup sehat dan berkelanjutan serta keterampilan membuat alat penyaring air/filter air bersih meningkat. Pengetahuan dan keterampilan yang telah dimiliki diharapkan dapat ditularkan dan menjadi contoh bagi masyarakat disekitar Desa Nepo.

Keywords

penyuluhan; pelatihan; filter air; Desa Nepo

Full Text:

PDF

References

Buku putih Sanitasi (BPS) Kabupaten Wajo Tahun 2014

Dahlan, H. 2013. Prototipe Alat Penyaring Air Payau (Sungai Sugihan) Menjadi Sumber Air Bersih Menggunakan Tabung Filter Bagi Masyarakat Pangkalan Sakti Kecamatan Air Sugihan Kabupaten Ogan Komering Ilir SumSel, Penelitian Doktor, Universitas Sriwijaya, Sumatra Selatan.

Depkes RI. (2010). Profil Kesehatan Indonesia

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 18/PRT//M/2007, 2007. Penyelenggaraan Pengembangan Penyediaan Air Minum Jilid Pengelolaan. Departemen Pekerjaan Umum, Direktorat Pengembangan Air Minum, Ditjen Cipta Karya, Jakarta.

Selintung, M. 2011, Pengenalan Sistem Penyediaan Air Minum, AS Publishing.

Selintung, M. dan Syahrir, S. 2012, Studi Pengolahan Air Melalui Media Filter Pasir Kuarsa (Studi Kasus Sungai Malimpung), Prosiding Hasil penelitian Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin, Makassar.

Slamet, J.S. (1994). Kesehatan Lingkungan. Bandung: UGM-Press.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License