Diseminasi Teknologi Budidaya Sayuran Hidroponik dengan Pendekatan Bioklimatik Bagi Kelompok Tani Munggaran Desa Pancawati Kecamatan Klari Kabupaten Karawang.

Rommy Andhika Laksono(1),


(1) Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Tujuan kegiatan ABDIMAS ini adalah merubah pengetahuan, pemahaman, sikap dan keterampilan Kelompok Tani Munggaran Desa Pancawati  dalam memperhatikan gizi dan kesehatan keluarga, serta pentingya memanfaatkan pekarangan rumah dengan menerapkan hidroponik untuk membantu perekonomian keluarga. Dilaksanakan di Kelompok Tani Munggaran Desa Pancawati  Kecamatan Klari Kabupaten Karawang dari bulan April sampai Agustus 2018.

Metode yang digunakan dalam kegiatan ABDIMAS ini yaitu penyuluhan dengan metode ceramah, pelatihan, demonstrasi, praktek dan pendampingan, yang dilakukan oleh para dosen dan Mahasiswa Fakultas Pertanian UNSIKA kepada Kelompok Tani Munggaran Desa Pancawati  Kecamatan Klari Timur Kabupaten Karawang.

Hasil yang dicapai dari kegiatan abdimas ini adalah perubahan pemahaman keterampilan dan sikap peserta pelatihan Kelompok Tani Munggaran, Ibu PKK Desa dan Perangkat Desa Pancawati Kecamatan Klari tentang  pentingnya pemanfaatan pekarangan dengan budidaya sayuran hidroponik dengan pendekatan Bioklimatik. Sekitar 95 % Peserta pelatihan Kelompok Tani Munggaran, Ibu PKK Desa dan Perangkat Desa Pancawati Kecamatan Klari dapat memahami berbagai sistem hidroponik dengan pendekatan Bioklimatik. Sekitar 95% Peserta pelatihan Kelompok Tani Munggaran, Ibu PKK Desa dan Perangkat Desa Pancawati Kecamatan Klari telah menerapkan dan mampu membuatan instalasi hidroponik dengan pendekatan Bioklimatik. Sekitar 80% Peserta pelatihan Kelompok Tani Munggaran, Ibu PKK Desa dan Perangkat Desa Pancawati Kecamatan Klari mampu melakukan pemilihan, persemaian, penanaman, pemeliharaan  beberapa komoditas sayuran hidroponik dengan pendekatan Bioklimatik. Sekitar 20% Peserta pelatihan Kelompok Tani Munggaran, Ibu PKK Desa dan Perangkat Desa Pancawati Kecamatan Klari mampu melakukan penanganan pascapanen, pengepakan, dan pemasaran produk hidroponik dengan pendekatan Bioklimatik.

Rekomendasi dari kegitan abdimas ini adalah Perlu adanya pembinaan dari UPTD Pertanian kepada peserta pelatihan yang mampu memproduksi sayuran daun secara hidroponik dengan pendekatan Bioklimatik. tentang pemasaran yang lebih baik dengan menjalin kerjasama dengan restoran, pedagang besar dan supermarket di wilayah Karawang. Mengembangkan jumlah anggota masyarakat dan tingkat kesadaran  masyarakat Desa Pancawati tentang memanfaatkan pekarangan rumah dengan menerapkan hidroponik keluarga dengan pendekatan bioklimatik untuk membantu perekonomian keluarga. Pengelolaan hidroponik keluarga di pekarangan rumah dapat dilakukan  terintegrasi dengan melibatkan berbagai pihak misalnya : BPLH, Dinas Pertanian, Karang Taruna, LSM, serta pihak Swasta, yaitu : Restorant, Cafe, dan Mall, Perusahaan.

 

Kata Kunci : Gizi Keluarga, Hidroponik, Kelompok Munggran,

 

Full Text:

PDF

References

Andhi. 2013. Hidroponik Portable. Yudistira. Jakarta

BP3K Klari, 2017. Programa Desa Tahun 2017. BP4K Karawang.

Hartus, T.,2002. Berkebun Hidroponik Secara Murah. Penebar Swadaya. Jakarta.

Nurraeni. 2007. Sosial Ekonomi Pertanian. IPB perss. BOGOR.

Penny,D.H. dan Ginting, M. 1984. Pekarangan, Petani, dan Kemiskinan. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.

Laksono, R.A, Sugiono, D. 2016. Karakteristik Agronomis Tanaman Kailan (Brassica Oleraceae L. Var. Acephala. DC) Kultivar Full White 921 Akibat Jenis Media Tanam Organik Dan Nilai EC (Electrical Conductivity) pada Hidroponik Sistem Wick. Agrotek Indonesia ISSN: 2477-8494 Vol 01 No.2 ,2017

Lingga, Pinus. 2008. Hidroponik Bercocok Tanam Tanpa Tanah, Penebar Swadaya, Jakarta.

Suryabrata, Jatmika A. 2000, Bioclimatic Design : A Strategy to Achieve Sustainable Development, Proceeding International Seminar of Sustainable Development, Proceeding International Seminar of Sustainable Environmental Architecture, eds. Mas Santosa. Laboratory of Architectural Science and Technology, Department of Architecture Institut Technology Sepuluh Nopember, ITS Surabaya

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License