CAPACITY BUILDING KADER POSYANDU SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN KEMATIAN IBU DI DESA TELUK PAKEDAI HULU KABUPATEN KUBU RAYA

M Taufik(1), Purwa Indra Santoso(2),


(1) Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Pontianak. Jalan Ahmad Yani No.111 Pontianak
(2) Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Pontianak

Abstract

Abstrak. Desa Teluk Pakedai Hulu sebagai salah satu desa yang masih memerlukan sentuhan intervensi kesehatan, khususnya pada upaya peningkatan status kesehatan Ibu Hamil. Keberadaan kader Posyandu di suatu desa dirasakan memiliki peran penting sebagai garda terdepan dalam pelayanan kepada masyarakat. Namun demikian, masih banyak kader yang belum memiliki pemahaman dan keterampilan yang memadai dalam melaksanakan tugasnya. Tujuan dari kegiatan pengabdian yang dilakukan adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan motivasi kader posyandu dalam upaya mencegah terjadinya kematian Ibu di desa dan memberdayakan dirinya untuk turut berperan serta dalam peningkatan status kesehatan masyarakat. Metode pelaksanaan kegiatan melalui capacity building dengan memberikan pelatihan yang di isi dengan ceramah, brainstorming dan membekali kader dengan keterampilan melakukan pemetaan terhadap keberadaan Ibu hamil di wilayah kerjanya masing-masing. Hasil dari kegiatan ini adalah dengan terselenggaranya kegiatan diskusi dan transfer pengetahuan tentang peran dan upaya kader dalam pencegahan kematian ibu. Kegiatan pengabdian ini juga telah menghasilkan kemampuan kader dalam melakukan pemetaan terhadap keberadaan ibu hamil yang berada di wilayahnya untuk memudahkan kader posyandu dalam memberikan motivasi serta KIE (Komunikasi, Informasi dan Edukasi) pada ibu hamil agar mendapatkan pelayanan yang tepat saat kehamilan dan persalinannya.

Keywords

capacity building, kader posyandu, kematian ibu

Full Text:

PDF

References

Puskesmas Teluk Pakedai. 2016. Profil Kesehatan Wilayah Kerja Puskesmas Teluk Pakedai Tahun 2015. Puskesmas Teluk Pakedai. Teluk Pakedai.

BPS Kab.Kubu Raya. 2016. Statistik Daerah Kecamatan Teluk Pakedai 2016. Kubu Raya: BPS

Susanto, Fino., Claramita, Mora., dan Handayani, Sri. 2017. Peran Kader Posyandu dalam Pemberdayaan Masyarakat Bintan. Berita Kedokteran Masyarakat. Vol. 33 No.1, hal. 33-42.

Norjoedianto, Dwi., Amir, Andy., Nurhusna., dan Herwansyah. 2014. Penguatan Kader Posyandu Dalam Upaya Deteksi Dini Kesehatan Ibu, Bayi dan Balita Di Wilayah Kecamatan Telanaipura Kota Jambi Tahun 2013. Jurnal Pengabdian pada Masyarakat. Vol. 29, No. 4, hal. 43-53.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License