PELATIHAN IMPLEMENTASI MODEL INQUIRY BASED LEARNING (IBL) BERMUATAN SIX PILLARS OF CHARACTER SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN PROFESIONAL GURU-GURU SD GUGUS GANESHA WINDUSARI MAGELANG

Hartati Hartati(1), Novi Setyasto(2), Putri Yanuarita Sutikno(3),


(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang
(3) Universitas Negeri Semarang

Abstract

Pemberlakuan Permendikbud No. 22 tahun 2016 tentang Standar Proses berimplikasi terjadinya pergeseran paradigma pengajaran ke paradigma pembelajaran, penggunaan pendekatan ilmiah (scientific), dan tematik terpadu sehingga perlu diterapkan pembelajaran berbasis pemecahan masalah (problem based learning). Namun kenyataan di lapangan berbeda. Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan di Gugus Ganesha Windusari Magelang yang beranggotakan 50 Guru SD dan terletak di lereng gunung Sumbing, menunjukkan bahwa kurang lebih 80% guru (atau sekitar 40 orang guru) masih mengalami kesulitan dalam mengimplementasikan pembelajaran berbasis penyingkapan/penelitian di kelas, terlebih dalam pembuatan perangkat pembelajaran yang memuat penanaman sikap atau nilai karakter yang sesuai dengan standar proses. Solusi yang dapat diterapkan adalah dengan pengadaan kegiatan pelatihan Implementasi Model Pembelajaran Inquiry Based Learning (IBL) Bermuatan Six Pillars of Character. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah memberikan pelatihan kepada guru-guru SD di Gugus Ganesha dalam mengimplementasikan model IBL yang bermuatan six pillars of character dalam pembelajaran di SD. Metode kegiatan pengabdian ini berupa pelatihan kepada para guru-guru SD di Gugus Dewadaru II.  Metode pelatihan yang digunakan dalam pengabdian ini adalah: ceramah, tanya jawab, praktek, dan simulasi. Kegiatan pelatihan ini diikuti 38 orang guru SD Gugus Ganesha dengan lokasi pelatihan di SDN Banjarsari Kecamatan Windusari, Magelang. Luaran yang dihasilkan dari kegiatan pelatihan ini adalah bertambahnya pengetahuan dan keterampilan guru yang ditunjukkan dengan: 1) tersusunnya 30 perangkat pembelajaran dengan model IBL bermuatan six pillars of character; 2) peningkatan rata-rata hasil postets (75,4) dibandingkan rata-rata hasil pretest (32,6); 3) 25 dari 38 peserta memberikan respons sangat positif terhadap kualitas materi pelatihan dan 13 peserta memberikan respons positif dengan skor rata-rata 4,66.

Keywords

Inquiry Based Learning (IBL);Six Pillars of Character; guru

References

Arends, Richard I. 2012. Learning to Teach. New York: McGrow-Hill Companies, Inc.

Blessinger, P., & Carfora, J. M. 2014. Inquiry-based learning for faculty and institutional development: A conceptual and practical resource for educators. Bingley, UK: Emerald Group Publishing.

Blessinger, P., & Carfora, J.M. 2015. Inquiry-Based Learning for Multidisciplinary Programs: A Conceptual and Practical Resource for Educators. Wagon Lana: Emerald Group Publishing Limited.

Carfora, J. M. 2011. Navigating between teaching, learning and inquiry. International HETL Review. Retrieved from https://www.hetl.org/opinion-articles/teaching-learning-inquiry.

Fullan, M. 2013. Stratosphere: Integrating technology, pedagogy, and change knowledge. Don Mills, ON: Pearson.

Hattie, J. 2009. Visible learning: A synthesis of over 800 metaanalyses relating to achievement. New York: Routledge.

Josephson, Michael. 2009. The Six Pillars of Character Study Guide. America: Josephson Institute.

Josephson, Michael. 2012. Six Pillars Illustrated Poster Lesson Plan. America: Josephson Institute.

Keselman, A. 2003. Supporting inquiry learning by promoting normative understanding of multivariable causality. Journal of Research in Science Teaching, 40, 898–921. doi:10.1002/tea.10115.

Lee, V. S. 2013. Supporting students’ search for a meaningful life through inquiry-guided learning. In Kovbasyuk & Blessinger (Eds.), Meaning-centered education: International perspectives and explorations in higher education. New York, NY: Routledge.

Pedaste, M., Mäeots, M. (2015). Phases of Inquiry Based Learning: Definitions and the Inquiry Cycle. Educational Research Review, 14 (2015), 47-61.

Pedaste, M., Mäeots, M., Leijen, Ä., & Sarapuu, S. 2012. Improving students’ inquiry skills through reflection and self-regulation scaffolds. Technology, Instruction, Cognition and Learning, 9, 81–95.

Permendikbud Nomor 81a Tahun 2013 tentang Implimentasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.

Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses. Jakarta: Kemendikbud.

Permendikbud No. 24 tahun 2016 tentang kompetensi inti dan kompetensi dasar pelajaran pada kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.

Sweetland, Julie. 2008. Inspired Issue Brief: Inquiry Based Teaching. Washington, DC: Center for Inspired Teaching.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License