PERAN SENI PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH (THE ROLE OF ART IN THE LEARNING PROCESS IN OUT OF SCHOOL EDUCATIONAL)

Tri Joko Raharjo

Abstract


Peran seni dalam konteks pendidikan umum adalah membantu tujuan pendidikan danmenjadi metode pendekatan belajar dengan cara: belajar dengan Seni artinya Seni sebagaiAlat Untuk Memahami Subjek Matter, dari suatu mata pelajaran, belajar melalui seniartintya seni sebagai wahana atau media untuk menggali subject matter, dan belajartentang seni yaitu seni sebagai materi ajaran, Pendidikan Luar Sekolah (PLS) adalahsalah satu bentuk pembelajaran yang memiliki ruang lingkup dan sasaran yangberbeda dengan pembelajaran formal (persekolahan). Sasaran yang dibidik dan yangmenjadi warga belajae bukan anak-anak usia sekolah, melainkan para pemuda danorang dewasa. Dari sinilah urgensi peranan seni sebagai media dan alat pembelajarandiperlukan agar proses pembelajaran dapat mencapai tujuan. Namun pencapaiantujuan pembelajaran sendiri sangat bergantung kepada kemampuan tutor dalammenguasai seni sebagai alat dan media untuk berkomunikasi, berinteraksi, danmencapai materi kepada warga belajarnya.

Kata kunci: seni sebagai media dan alat, tutor PLS, warga belajar.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15294/harmonia.v6i2.807

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.