BUDAYA RUPA MOTIF UKIR MASJID MANTINGAN PADA MEBEL UKIR JEPARA

Zainul Arifin, Jati Widagdo, Fivin Bagus

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap budaya rupa motif ukir pada masjid Mantingan Jepara terhadap pengaruh perkembangan motif ukir Jepara di mana motifnya dipengaruhi oleh budaya Hindu, Islam dan China. Motif Ukir di masjid Mantingan dianggap mewakili motif ukir tradisional yang ada di Jepara. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian  menggunakan pendekatan studi lapangan melalui survei dan wawancara. Teknik analisa data yang digunakan adalah teknik analisa data model interaktif yang terdiri dari empat tahap, yaitu (1) pengumpulan  data’ (2) reduksi data; (3) analisa data; (4) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah tokoh-tokoh yang berpengaruh pada penciptaan motif di masjid Mantingan yaitu Pangeran Hadlirin, Ratu Kalinyamat, dan Sungging Badar Duwung, sedangkankarakteristik motif ukir yang terdapat pada masjid Mantingan Jepara merupakan hasil stilasi dari bentuk-bentuk alam yaitu teratai, kelapa, pohon hayat, kuda, kera, burung phonix, merak, kelelawar, gunung, dan bentuk-bentuk geometri yang berupa perpaduan ortogonal, lingkaran, kubus, segi enam dengan flora. Motif ukir yang diterapkan pada mebel kayu Jepara banyak yang mengadopsi dari motif ukir di masjid Mantingan yang merupakan cikal bakal perkembangan seni ukir di Jepara. Dalam perkembangan motif ukir dapat dipengaruhi fungsinya sebagai fungsi estetis, simbolis, sosial, finansial, aktif atau konstruktif, pasif, identitas kota, dan membangun identitas sebagai kota ukir.

Keywords


budaya rupa;motif ukir;Masjid Mantingan;mebel

Full Text:

PDF

References


Agus, Setiawan. 2009. “Ornamen Mesjid Mantingan Di Jepara Jawa Tengah. Tesis, Program Pascasarjana Institut Seni Indonesia (Isi) Surakarta.

De Graaf, TH.G.TH. Pigeaud. 1985. Kerajaan-Kerajaan Islam di Jawa. Jakarta: Grafiti Press.

Gustami, SP. 2000. Seni Kerajinan Mebel Ukir Jepara: Kajian Estetika Melalui Pendekatan Multidisiplin. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Gustami,SP. 1991. “Dinamika Kehidupan Pengrajin Mebel Ukir Jepara dan Hasil Karyanya”. Tesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Purwadi. 2007. Dakwah Sunan Kalijaga (Penyebaran Agama Islam di Jawa Berbasis Kultur). Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Soedarso, SP. 1990. Sebuah Pengantar untuk Apresiasi Seni. Yogyakarta: Saku Dayar Sana.

Soenarto. 2020. Jepara Surga Industri Mebel Ukir. Jepara:Kantor Informasi dan Komunikasi Kab. Jepara.

https://indonesia.go.id/ profil/ suku-bangsa

http://portalsatu.com/read/kanal/berapa jumlah-bahasa-daerah-di-indonesia-36621




DOI: https://doi.org/10.15294/imajinasi.v14i2.27703

Refbacks

  • There are currently no refbacks.