PENGEMBANGAN SIKAP DAN PERILAKU ANAK PAUD MELALUI PENDIDIKAN SENI

Reni Wulandari

Abstract


Dalam dunia pendidikan, seni memberikan pengaruh penting terhadap perkembangan mental maupun fisik peserta didik. Bahkan, dengan pendidikan seni, perilaku peserta didik dapat terbentuk kearah yang lebih baik karena seni dapat mengenalkan nilai-nilai dan norma-norma yang ada dalam masyarakat kepada peserta didik. Anak usia 0-6 tahun merupakan masa keemasan berekspresi kreatif. Tingkat kreativitas anak masih sangat tinggi. Anak dapat berperilaku spontan karena daya nalar anak belum sampai membatasi keleluasaan untuk berkarya secara murni (lugu). Masa anak-anak merupakan awal berkembangnya kreativitas. Dengan demikian berekspresi seni secara kreatif pada anak dimanfaatkan untuk membina dan mengembangkan  anak pada usia dini. Dengan menggunakan pendekatan pendidikan melalui seni, seni dipandang sebagai alat atau sarana untuk mencapai sasaran pendidikan. Pendekatan melalui seni ini terasa sangat penting pada jenjang pendidikan dasar dan prasekolah, karena dalam implementasinya, pembelajarannya menekankan pada eksplorasi dan eksperimentasi, merangsang keingintahuan dan sekaligus menyenangkan bagi anak.

Keywords


Pendidikan Seni;Sikap;Perilaku

Full Text:

PDF

References


Arifin, H. W. 2014. "Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengingat Urutan Kata Melalui Metode Bernyanyi". Skripsi tidak diterbitkan. Program Studi PG-PAUD Universitas Sebelas Maret

Gandhi, T. W. 2011. Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Irawan, D. 2017. Paradigma Pendidikan Seni. Yogyakarta: Thafa Media.

Kasiyan. 2003. Pengembangan Paradigma Pendidikan Pemanusiaan Melalui Pendidik-an Seni. Universitas Negeri Yogyakarta. (http://staffnew.uny.ac.id/upload/132243650/penelitian/)

Purwadi. 2013. "Pembelajaran melalui Bernyanyi untuk Menstimulasi Sikap dan Perilaku Musikal Anak pada Pusat Unggulan PAUD Taman Belia Candi Semarang". Catharsis: Journal of Arts Education.2 (2). Hal 14-20.

Rapi, M. 2007. Peningkatan Kualitas Pendidikan Seni melalui Pengembangan Kurikulum Pedidikan Seni Berbasis Kompetensi di Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidik-an. Harmonia Jurnal Pengetahuan dan Pemikiran Seni. 8(1).

Rohidi, T. R. 2011. Metodologi Penelitian Seni. Semarang: Cipta Prima Nusantara.

Rohidi, T. R. 2016. Pendidikan Seni Isu dan Paradigma. Semarang: Cipta Prima Nusantara.

Suhaya. 2016. Pendidikan Seni sebagai Penunjang Kreativitas. Pendidikan dan Kajian Seni. 1 (1). Hal 1-15.

Suryono, Y. 2015. Model Pendidikan Karakter bagi Anak melalui "Sekolah Ibu" Nonformal di Pedesaan. Penelitian & Evaluasi. 19 (2). Hal 1-14.

Triyanto. 2017. Spirit Ideologis Pendidikan Seni. Semarang: Cipta Prima Nusantara.




DOI: https://doi.org/10.15294/imajinasi.v14i2.27704

Refbacks

  • There are currently no refbacks.