PENGEMBANGAN ASET VISUAL DALAM GAME SIMULASI PERTANIAN ORGANIK “ASTRO FARMER” DENGAN PENDEKATAN SYMBOLIC ANALOGY

Wandah Wibawanto(1),


(1) Dosen Jurusan Seni Rupa Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang

Abstract

Dalam sebuah proses pengembangan game, terdapat tahapan pengembangan aset visual (Game Assets Development Phase) yaitu pengembangan aset visual yang meliputi grafis, efek visual, tipografi dan tampilan antarmuka (interface). Proses tersebut menjadi bagian penting dari design treatment sebuah game, karena merupakan salah satu faktor utama yang menentukan keberhasilan sebuah game. Astro Farmer adalah sebuah game simulasi pembelajaran pertanian organik, di dalamnya ditampilkan elemen edukasi berupa cara-cara bertani dan beternak secara organik. Game ini bertujuan untuk melatih kemampuan player untuk mengelola lahan pertanian secara optimal, menghasilkan keuntungan maksimal dengan tetap memperhatikan keseimbangan lingkungan. Pengembangan aset visual game Astro Farmer menggunakan pendekatan symbolic analogy dimana ditampilkan representasi kondisi objek-objek pertanian pada dunia nyata yang diadaptasi ke dalam bentuk virtual.

Keywords

game;aset visual;desain;symbolic analogy;

Full Text:

PDF

References

Crawford, C. 1997. The Art of Computer Game Design. Buku Elektronik (Online), (http://www.vancouver.wsu. edu/fac/peabody/game-book.html), diakses tanggal 20 Mei 2009.

Resnick, E. 2003. Design for Communication. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Sarwono, J dan Lubis, H. 2007. Metode Riset untuk Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta:Andi Offset.

Wibawanto, W. 2013. Memprogram Game Flash 3D itu Mudah. Yogyakarta: Andi Offset.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.