STRATEGI PENCEGAHAN PENYALAHGUNAAN NARKOBA DI KALANGAN NELAYAN (Studi Kampung Nelayan Di Desa Widuri Dan Tanjung Sari Kabupaten Pemalang)

Natal Kristiono(1), Tutik Wijayanti(2), Wenny Eka Septina(3),


(1) Jurusan Politik dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang
(2) Jurusan Politik dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang
(3) Jurusan Politik dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Nelayan sebagai salah satu komponen masyarakat memiliki kontribusi yang penting bagi bangsa dan negara. Kehidupan pesisir pantai menjadi ujung tombak masuknya transaksi ekonomi dan perdagangan. Peran penting dari kehidupan masyarakat di pesisir pantai menimbulkan dampak negatif dan positif. Dampak positifnya menjadikan negara Indonesia memiliki kegiatan ekonomi yang baik.  Dampak negatifnya adalah kemungkinan pesisir pantai dimanfaatkan sebagai sasaran perdagangan narkoba.  Solusi atas permasalahan tersebut yaitu melalui penanaman sikap dan pengetahuan tentang bahaya narkoba serta upaya pencegahannya dengan menciptakan kampung nelayan yang tanggap akan bahaya narkoba. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, interview dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu dengan mereduksi data, menyusun hasil reduksi sehingga data dapat disajikan,  dan yang terakhir yaitu menyimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan (1) pencegahan penyalahgunaan narkoba dikalangan nelayan dilakukan dengan dua strategi, yaitu preventif dan represif. Untuk strategi preventif antara lain: memberikan sosialisasi; talk show dan pengajian. Sedangkan untuk strategi represif meliputi melaporkan kasus penyalahguanan narkoba kepada pihak kepolisian;  melakukan inspeksi mendadak (sidak); melakukan tes urine, (2) Kendala dalam pencegahan dan penanggulangan penyalahgunaan narkotiba, antara lain: Terbatasnya anggaran menyebabkan fasilitas, sarana dan prasarana Pemerintahan yang masih belum optimal dalam mendukung pelaksanaan tugas pokok aparatur negara, belum efektifnya pelaksanaan sistem manajemen, belum optimalnya kinerja BNK Pemalang, masih lemahnya pengawasan dan kurang optimalnya koordinasi pelaksanaan Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), minimnya pengetahuan tentang narkoba di lingkungan masyarakat. Adanya sebagian masyarakat kurang perduli terhadap penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba karena mereka beranggapan yang memakai dan pengedar Narkoba bukan keluarga mereka sendiri.

Keywords

Nelayan, sikap dan pengetahuan, bahaya narkoba.

Full Text:

PDF

References

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian pendekatan suatu praktek, Jakarta: Rineka Cipta.

Badan Narkotika Nasional. 2004a. Peran Remaja Dalam Mengatasi Masalah Penyalahgunaan Narkotika. Jakarta: BNN

Boelaars, Yan 1984. Kepribadian Indonesia Modern: Suatu Penelitian Antropologi Budaya. Jakarta: Gramedia

Jalaluddin.2002.Teologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kusnadi.(2002). Nelayan Strategi Adaptasi dan jaringan Sosial. Humaniora Utama Press. Bandung.

Miles, BMatthew dan Huberman H Michael.1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia (UI Press).

Moleong, Lexyi. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyono (2000). “Analisis faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Pedagang Kaki Lima di Sumatra Barat”. Jurnal Universitas Kristen.

Sastrawidjaya.dkk. 2002. Nelayan Nusantara. Pusat Riset Pengolahan Produk Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan. Jakarta.

Satria, A. 2001. Dinamika Modernisasi Perikanan Formasi Sosial dan Mobilitas Nelayan. Bandung: Humaniora Utama Press.

Suryani, N. 2002. Pengantar Sosiologi Masyarakat Pesisir. Jakarta: Cidesindo

Jurnal

Imron, Masyuri. 2003 “Kemiskinan dalam Masyarakat Nelayan”, Jurnal Masyarakat dan budaya. PMB –LIPI

Kristiono,Natal. 2015. “Peranan Badan Narkotika dalam Mewujudkan Masyarakat Indonesia Tertib Hukum ( Studi SK Bupati Nomor 188.4/79/2011 Tentang Pembentukan badan Narkotika Kabupaten Pemalang)”, Jurnal Integralistik

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View Integralistik Stats