KONFERENSI: ALTERNATIF MODEL PEMBIMBINGAN PPL UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PRAKTIKAN MAHASISWA DI SMP NEGERI 2 BOJA KABUPATEN KENDAL

Martien Herna Susanti(1), Setiajid Setiajid(2),


(1) Dosen Jurusan Politik dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang.
(2) Dosen Jurusan Politik dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan kurikuler yang harus dilakukan oleh mahasiswa praktikan. Fungsi Guru Pamong (Gumong) dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) sangat srategis dalam membimbing praktikan selama melaksanakan PPL di sekolah, namun terkadang ditemui kesulitan bagaimana cara Gumong memandu atau membimbing praktikan dalam mempraktekkan keterampilan dasar dalam proses pembelajaran dikarenakan belum adanya tahapan yang jelas dan konkrit tentang fungsi serta peran Gumong dan DPL selama PPL. Oleh karena itu diperlukan dukungan skenario mekanisme pembimbingan yang disebut konferensi sebagai salah satu alternatif model pembimbingan yang diharapkan mampu meningkatkan kompetensi praktikan PPL sekaligus menyajikan penilaian yang obyektif dan transparan. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah: 1) memahami mekanisme konferensi sebagai salah satu cara pembimbingan reflektif untuk meningkatkan kompetensi peserta PPL secara berkelanjutan, 2) mengidentifikasi langkah-langkah konferensi, dan 3) merancang Strategi implementasi konferensi dalam Program Pembimbingan PPL. Target utama kegiatan pengabdian ini adalah menghasilkan produk berupa laporan pengabdian kepada masyarakat. Metode pengabdian yang digunakan disingkat menjadi ―I CARE‖ (Introduction, Conection, Aplication, Refelction, Extention)

Keywords

konference; PPL; ICARE

Full Text:

PDF

References

Hamalik, Oemar. (2009). Pendidikan Guru Berdasarkan PendekatannKompetensi. Jakarta: PT Bumin Aksara.

Sabrani, Ahmad. (2007). Strategi Belajar Mengajar Micro Teaching. Ciputat. Ciputat Press Group.

Tim Penyusun. (2011). Buku Panduan KKN-PPL UNY. Yogyakarta: UNY. Tim Penyusun. (2011). Buku Panduan Pengajaran Mikro UNY. Yogyakarta: UNY.

UU RI No 14 tentang Guru dan Dosen. Bandung: Citra Umbara.

UU RI No 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View Integralistik Stats