PENDIDIKAN KARAKTER: SUATU KEBUTUHAN BAGI MAHASISWA DI ERA MILENIAL

Margi Wahono(1),


(1) 

Abstract

Pendidikan karakter kini menjadi salahsatu wacana utama dalam kebijakan nasional di bidang karakter Pendidikan. Seluruh kegiatan belajar serta mengajar yang ada dalam negara indonesia harus merujuk pada pelaksanaan pendidikan Karakter. Ini juga termuat di dalam Naskah Rencana Aksi Nasional Pendidikan Karakter yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan pada tahun 2010. Dalam naskah tersebut dinyatakan yakni pendidikan karakter menjadi unsur utama dalam pencapaian visi dan misi pembangunan Nasional yang termasuk pada RPJP 2005-2025. Bukan hanya itu dalam UU RI No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional; merumuskan fungsi dan tujuan pendidikan Nasional yang harus digunakan dalam mengembangkan upaya pendidikan di Indonesia. Pasal 3 UU SIKDIKNAS menyebutkan: ―Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan dan membantu watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan bangsa. Bertujuan untuk berkembangnya potensi, peserta didik agar menjadi manusia yang beriman yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Keywords

Karakter; Milenial; Pendidikan

References

Azra, Azyumardi. Agama, Budaya, dan Pendidikan Karakter Bangsa. 2006

Elkind, David H. dan Sweet, Freddy. How to Do Character Education. Artikel yang diterbitkan pada bulan September/Oktober 2004.

Kementerian Pendidikan Nasional, Badan penelitian dan pengembangan, Pusat kurikulum. 2011, Pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa pedoman sekolah. Jakarta: Pusat Kurikulum

Kennedy,M. 1991, Some Surprising Finding on How Teachers Learn to Teach,Educational Leadership.

Lickona, Thomas, Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility.

New York: Bantam Books, 1992. Lickona, Tom; Schaps, Eric, dan Lewis,

Catherine. Eleven Principles of

Effective Character Education.

Character Education Partnership,

Megawangi, Ratna. Pengembangan

Program Pendidikan Karakter di

INTEGRALISTIK

No.2/Th. XXIX/2018

Sekolah: Pengalaman Sekolah Karakter, 2010.

Parkay, Forrest W. dan Stanford,Beverly H. 2011, Menjadi Seorang Guru, Jakarta

: PT Indeks.

Samani, Muchlas, Hariyanto. 2011.

Konsep dan Model Pendidikan Karakter.

Bandung Remaja

Rosdakarya.

Siswinarti, Putu. R. (2017). Pentingnya

Pendidikan Karakter Untuk

Membangun Bangsa Beradab.

Singaraja: Fakultas Ilmu

Pendidikan Universitas Pendidikan

Ganesha

Indonesia.https://www.researchgat

e.net/publication/315100058.

Suyitno, Imam. (2012). Pengembangan

Pendidikan Karakter dan Budaya

Bangsa Berwawasan Kearifan

Lokal. Jurnal Pendidikan Karakter,

Tahun II Nomor 1, 1-13

Tilaar, HAR. 2002,Pendidikan

Kebudayaan, dan Masyarakat

Madani Indonesia, Bandung

: PT Remaja Rosda Karya.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View Integralistik Stats