PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PPKn MELALUI PENDEKATAN ADIK SIMBA BERBASIS GERAI INFORMASI

Agustinus Sugeng Priyanto(1), Andi Suhardiyanto(2), Isriadi Wijiastuti(3),


(1) 
(2) Dosen Jurusan Politik dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Univerisitas Negeri Semarang
(3) 

Abstract

Tujuan penelitian adalah mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan dampak peningkatan aktivitas dan prestasi hasil belajar melalui pendekatan adik simba berbasis gerai informasi pada materi Pancasila Sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa dalam meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar di kelas VIII F Sekolah Menengah Pertama Negeri 40 Kota Semarang. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan metode pengambilan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan adik simba berbasis gerai dapat meningkatkan aktivitas belajar dan prestasi hasil belajar. Dampak peningkatan aktivitas belajar dan prestasi hasilbelajar ditunjukkan dengan tingkat keaktifan dalam mengikuti proses pembelajaran sudah menunjukkan pada skala tinggi. Suasana kelas dinamis dan kondusif. Sebagian besar peserta didik aktif dalam pembelajaran dalam menyelesaikan tugas secara berkelompok walaupun masih ada beberapa peserta didik belum aktif. Ketuntasan belajar sudah mencapai 97% artinya indikator kinerja penelitiansudah tercapai.

Keywords

Aktifitas;Prestasi: Adik Simba; Gerai informasi

References

Anita Lie. 2002. Cooperatif LearningMempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta:Grasindo.

Cooper, James M. 1990. Classroom Teaching Skill. Canada : DC. Health and CompanyDriscoll J (2000) Practising clinical supervision. Edinburgh: Balliere Tindall

Martinis, Yamin. 2011. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta : Gaung Persada Press Jakarta.

Roblyer, M. D., Edwards, J., & Havriluk,M. A.(1997).Integrating

educational technology into teaching. Upper Saddle River, NJ: Prentice-Hall.

Slameto. 1998. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.

Sudjana, Nana. 1991. Dasar-dasar ProsesBelajar Mengajar. Bandung

Sinar Baru.

Sanjaya, Wina. 2012. Strategi Pembelajaran Berorientasi

Standar Proses Pendidikan.Jakarta: Kencana Prenada M

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View Integralistik Stats